Ihsan Yunus-Hotma Sitompul Akan Jadi Saksi Sidang Juliari

Zunita Putri - detikNews
Senin, 14 Jun 2021 08:41 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDI-Perjuangan, Rakyan Ihsan Yunus tiba di Gedung KPK Jakarta, Kamis (25/2/2020) untuk menjalani pemeriksaan. Ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Matheus Joko Santoso dalam perkara korupsi dana bansos.
Anggota DPR Ihsan Yunus (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Jaksa KPK hari ini kembali memanggil sejumlah saksi untuk diperiksa pada sidang korupsi bansos Corona dengan terdakwa Juliari Peter Batubara. Jaksa hari ini rencananya akan memanggil 11 saksi.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengatakan hari ini jaksa akan memanggil 11 saksi. Salah satunya anggota DPR RI F-PDIP Ihsan Yunus dan pengacara Hotma Sitompul.

Ali mengungkapkan nama-nama saksi yang dipanggil jaksa KPK pada sidang hari ini (14/6/2021).

Saksi Senin 14 Juni 2021:

1. Irman Putra
2. Chandra Andriati
3. Riski Riswandi
4. Merry Hartini
5. Akhmat Suyuti
6. Hotma Sitompul
7. Eko Budi Santoso
8. Syafii Nasution
9. Ihsan Yunus
10. Ivo Wongkaren
11. Kuntomo Jenawi

Nama Ihsan Yunus dan Hotma Sitompul Muncul di Sidang

Diketahui dalam sidang ini nama Ihsan Yunus memang sering disebut. Ihsan Yunus disebut oleh anak buah Juliari yang juga terdakwa bansos yakni Adi Wahyono dan Matheus Joko Santoso mengendalikan 400 ribu kuota bansos.

"Sebagaimana BAP saudara nomor 64, setelah tahap 6 selesai pembayaran dan menjelang tahap 7, saya dan Matheus Joko dipanggil menteri Juliari di ruangannya beserta Kukuh. Saat itu ada arahan menteri Juliari ke kami untuk pembagian kuota," jelas jaksa.

"Satu, kuota 1 juta paket dibagikan ke grup Herman Herry, Ivo Mungkaren, Stefano, dkk. Dua, kuota 400 ribu paket diberikan ke grup Ihsan Yunus, Iman Ikram, Yogas, dkk. Tiga, kuota 300 ribu paket diberikan ke saya dan Matheus Joko untuk kepentingan bina lingkungan. Empat, kuota 200 ribu diberikan ke teman, kerabat, kolega dari Juliari P Batubara dkk, betul BAP Saudara?" ungkap jaksa saat membacakan BAP Adi Wahyono dan dibenarkan oleh Adi saat itu.

Lihat juga video 'Pengakuan Anak Buah Juliari Diminta Kumpulkan 'Uang Komitmen' Bansos Rp 35 M':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2