KH Nawawi Sidogiri Wafat, Cak Imin: Kita Kehilangan Ulama yang Mengayomi

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 23:10 WIB
PKB
Foto: dok. PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyampaikan duka mendalam atas kabar meninggalnya Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri Pasuruan, Jawa Timur KH A Nawawi Abdul Jalil wafat hari ini sekitar pukul 16.40 WIB.

"Kita kehilangan ulama yang sangat mengayomi. Semoga Allah merahmatinya. Amin," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis, Minggu (13/6/2021).

Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan Kiai Nawawi yang dikenal sebagai ulama karismatik mengembuskan napas terakhir di RS Lavalette, Malang. Sebelumnya, Kiai Nawawi telah dirawat selama 4 hari.

Muhaimin pun menyebutkan Kiai Nawawi merupakan Mustasyar (Penasihat) PBNU. Selain itu, Kiai Nawawi juga duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa) dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang. Diketahui, Ahwa beranggotakan 9 kiai sepuh yang bermufakat untuk menentukan kepemimpinan NU.

Muhaimin menilai Kiai Nawawi merupakan ulama sepuh yang sangat dihormati, baik oleh masyarakat umum, kalangan ulama, maupun tokoh nasional. Ia menambahkan Kiai Nawawi dikenal sebagai sosok ulama zuhud.

Sebagai informasi, Kiai Nawawi telah menjadi pengasuh Ponpes Sidogiri sejak tahun 2005 lalu. Ponpes Sidogiri sendiri diketahui telah berdiri pada tahun 1745 Masehi.

(prf/ega)