Keriuhan Anji Manji hingga Terjerat Kasus Ganja

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 18:26 WIB
Jakarta -

Musisi AN atau bernama asli EAP ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, terkait narkoba. Terungkap bahwa musisi yang ditangkap itu adalah Anji Manji.

"Iya Anji," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo, Minggu (13/6/2021). Kombes Ady membenarkan saat ditanya mengenai identitas musisi yang ditangkap adalah Anji.

Anji ditangkap di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Kini dia masih diperiksa intensif. Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Harry Gasgari mengatakan pihaknya menyita barang bukti berupa ganja. Saat penangkapan, Harry menyebut menangkap musisi AN saat sedang sendirian.

Anji bukan kali ini saja berurusan dengan polisi. Ia beberapa kali membuat kontroversi sampai harus berurusan dengan polisi. Berikut ini kontroversi Anji:

Kontroversi 'Obat Corona'

Konten YouTube wawancara Anji dengan Hadi Pranoto soal klaim 'obat Corona' sempat berbuntut panjang. Setelah dilaporkan atas dugaan penyebaran berita bohong, Anji harus menjalani pemeriksaan maraton di Polda Metro Jaya.

Pemeriksaan perdana di Polda Metro Jaya, Senin (10/8) kemarin, Anji diperiksa hingga 10 jam. Selama pemeriksaan itu Anji dicecar penyidik dengan 45 pertanyaan.

Terkait wawancara dengan Hadi Pranoto, Anji mengaku hal itu dilakukan karena merasa temuan Hadi Pranoto tersebut bisa saja menjadi kabar baik bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi Corona ini. Namun, dirinya tidak menyangka niat baiknya tersebut justru berujung laporan kepolisian.

"Karena saya melihat kita semua sudah jenuh, lelah dengan pandemi ini, lalu tiba-tiba ada harapan, buat saya ini adalah kebaikan untuk dibagikan. Tapi saya tidak menyangka sih bahwa impact-nya ternyata seperti. Ya sudah saya hadapi saja," kata Anji.

Anji pun meminta maaf karena telah membuat gaduh publik setelah wawancara dengan Hadi Pranoto soal 'obat Corona'. Anji mengaku belum kenal Hadi Pranoto sebelum bikin video.

"Saya Anji, ingin meminta maaf kepada semua pihak karena kegaduhan yang terjadi. Perihal tersebut saya akan jelaskan beberapa hal. Pertama, saya belum mengenal Bapak Hadi Pranoto sebelumnya," ucap Anji dalam video klarifikasi di akun YouTube miliknya, Kamis (6/8/2020).

Terjerat Kasus Narkoba

Tim Polres Jakarta Barat mengungkap identitas musisi yang ditangkap terkait kasus dugaan narkoba. Musisi tersebut ialah Anji.

"Ya Anji," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo, Minggu (13/6/2021). Kombes Ady membenarkan saat ditanya mengenai identitas musisi yang ditangkap adalah Anji.

Anji ditangkap di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Kini dia masih diperiksa intensif.

Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Harry Gasgari mengatakan pihaknya menyita barang bukti berupa ganja. Saat penangkapan, Harry menyebut menangkap musisi Anji saat sedang sendirian.

"Yang bersangkutan kami tangkap sendiri dengan barbuk narkotika yang kami duga ganja," ujar Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Harry Gasgari dalam video yang diterima detikcom.

(idn/gbr)