Gelar Operasi Premanisme, Polisi Tangkap 2 Juru Parkir Liar di Sinjai

Zulkipli Natsir - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 22:14 WIB
Penangkapan juru parkir liar di Sinjai (Dok istimewa)
Foto: Penangkapan juru parkir liar di Sinjai (Dok istimewa)
Sinjai -

Menindaklanjuti instruksi Kapolri, Polres Sinjai menggelar operasi premanisme hari ini. Hasilnya, 2 juru parkir liar ditangkap.

Kedua pelaku yakni AR dan SI. Keduanya diamankan di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai.

"Giat ini merupakan tindak lanjut dari Intruksi Kapolri terkait penindakan aksi premanisme dan pungli yang kerap meresahkan masyarakat. Hasil dari operasi yang dilakukan hari ini, kami menemukan 2 orang laki-laki yang telah melakukan pungli atau pemalakan serta parkir liar," terang AKBP Iwan Irmawan kepada detikcom, Sabtu (12/6/21).

Kedua pelaku disebut tertangkap tangan melakukan parkir liar dan pemalakan kepada pengendara yang memarkirkan kendaraannya di lokasi yang sebenarnya tidak dipungut biaya retribusi apa pun alias gratis. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 23 ribu.

"Untuk saat ini, kedua pelaku kami masih amankan dan berada di Mapolres Sinjai untuk proses lebih lanjut. Selanjutnya mereka akan dilakukan proses pembinaan," ungkap Iwan.

Imbauan Kapolres

Selanjutnya, Iwan mengimbau dan meminta kerjasama masyarakat demi memberantas aksi premanisme dan pungli di wilayah Kabupaten Sinjai.

"Kami menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Sinjai jika menemukan hal-hal berupa premanisme, pungutan liar atau kejahatan lainnya agar segera menghubungi kantor polisi terdekat atau dapat menghubungi kami di call center 110, kami akan memberikan bantuan maksimal kepada masyarakat kabupaten Sinjai," imbau Kapolres.

"Kami menghimbau yang sifatnya preventif kepada warga pengelola tempat tersebut agar tidak melakukan pungutan liar yang tidak sesuai dengan aturan," imbuhnya.

(isa/isa)