Gubernur Kalteng Maraton Tinjau Vaksinasi COVID-19 di 3 Kabupaten

Nadhifa Sarah Amalia - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 21:02 WIB
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran maraton mengunjungi sejumlah daerah untuk meninjau langsung vaksinasi COVID-19 di tiga lokasi berbeda.
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Jakarta -

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran maraton mengunjungi sejumlah daerah untuk meninjau langsung vaksinasi COVID-19 di tiga lokasi berbeda. Hal ini bertujuan untuk memberikan dukungan agar pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Kalteng berjalan dengan sukses.

"Hari ini kami kunjungan kerja dalam rangka pengawasan vaksinasi massal se-Kalteng," tutur Sugianto dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6/2021).

Adapun peninjauan pertama yaitu pada kegiatan vaksinasi massal di SMAN 1 Buntok, Kabupaten Barito Selatan. Vaksinasi COVID-19 ini diberikan kepada tenaga pendidik, orang tua/wali murid berusia 50 Tahun ke atas pra lansia dan lansia.

Lalu, peninjauan kedua dilaksanakan di Lapangan Olahraga Tiara Batara Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. Vaksinasi COVID-19 di Lapangan Olahraga Tiara Batara Muara Teweh diberikan kepada tenaga pendidik, orang tua/wali murid berusia 50 Tahun ke atas pra lansia dan lansia.

Sedangkan tinjauan terakhir adalah SMAN 1 Murung, Kabupaten Murung Raya (Mura). Pada kesempatan itu, Sugianto mengungkapkan pihaknya telah melakukan upaya menekan penyebaran COVID-19 dengan mengeluarkan surat tanggap darurat ke seluruh Kalteng pada tanggal 30 Maret 2020.

Ia juga menegaskan, bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker agar mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker. Sebab, penggunaan masker sangat penting untuk mencegah penularan COVID-19 dan dapat menekan angka kematian akibat COVID-19.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan peninjauan kegiatan Vaksinasi Massal hari ini juga dilakukan di Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Barito Utara.

"Alhamdulilah vaksinasi di Kalteng, yang sebelum Gubernur menginstruksikan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah, Kalteng berada di posisi rangking tengah dari 34 provinsi se-Indonesia. Tapi dengan kegiatan masif, sinergi, kolaborasi Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Nakes, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Alhamdulillah Kalteng sekarang ada di posisi 8. Ini berkat kerja keras semuanya," ucap Dedi.

(akn/ega)