Calon Peserta Lelang Aset ASABRI Incar Rolls-Royce hingga Ferrari

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 13:18 WIB
Mobil barang sitaan kasus ASABRI dipamerkan ke publik jelang lelang
Foto Deretan Mobil Mewah Kasus ASABRI yang Akan Dilelang: Azhar/detikcom
Jakarta -

Kejaksaan Agung RI (Kejagung RI) memamerkan barang sitaan milik tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI yang akan dilelang nanti. Antusiasme para calon peserta lelang cukup ramai mengincar mobil Rolls-Royce hingga Ferrari.

Salah satunya hadir dari pebisnis mobil mewah, Rudy Salim. Rudy pun mendukung pelelangan ini dan setuju dengan pelelangan secara terbuka bagi siapa saja.

"Ini kan terbuka untuk umum, lelang ini juga kita mendukung programnya, jadi kita memang kita mengikuti secara online. Karena kan lelang sekarang juga terbuka secara online, semua boleh ikut, jadi belum tentu saya menang, belum tentu yang lain menang. Jadi ini sangat transparan sekali, saya sangat mendukung adanya lelang yang dilakukan secara terbuka," kata Rudy di gedung ASABRI, Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Sabtu (12/6/2021).

Rudy mengaku mendapatkan info lelang ini dari pemberitaan media dan website resmi. Dia mengincar mobil Rolls-Royce dan juga F12 Ferrari.

"(Minat) ya ini ada Phantom Coupe, sama F12 Ferrari, jadi lebih fokus ke situ sih saya," kata Rudy.

Antusiasme lelang aset kasus ASABRI datang juga dari pengusaha asal Pekanbaru, Riau, bernama Basrizal Koto. Dia tertarik dengan pelelangan ini dan mendapat informasi dari berita media.

"Saya datang ke lelang ini saya baca dari media, ada pengumuman dan saya kebetulan hobi ya, hobi mobil dan kebetulan saya tertarik untuk mengikuti lelang dan saya sudah daftar," kata Basrizal.

Basrizal mengincar mobil Ferrari, Mercedes-Benz dan Rolls-Royce. Dia mengatakan dirinya memang suka mengoleksi mobil mewah.

"(Minat) yang tiga ini, yang satu Ferrari, dua Mercy, tiga Rolls Royce. Saya sudah punya Ferrari juga, ada Aston Martin juga, ada Lambo juga, macam-macam saya punya," katanya.

Sementara itu, pejabat Pusat Pemulihan Aset (PPA) Kejagung RI, Elan Suherlan, menyebut pelaksanaan ini dinamakan aanwijzing yaitu calon peserta lelang aset ASABRI mengecek secara langsung fisik dari barang yang akan dilelang. Dia berharap semua mobil sitaan ini laku.

"Hari ini kita melakukan proses namanya aanwijzing, ini sesuai dengan ketentuan pelaksanaan lelang, jadi harus ada aanwijzing dan hari ini kita melakukan aanwijzing ya intinya adalah memberikan kesempatan kepada yang berminat untuk melihat secara fisik maupun administrasi kondisi dari barang-barang atau barang bukti yang akan dilelang," kata Elan.

"Ada 16, seperti kawan-kawan lihat, ini ada dan peminatnya nanti akan melihat pendaftarannya di KPKNL. Karena kita sudah melakukan pengumuman, melakukan melalui media cetak maupun elektronik bahwa ada pelaksanaan lelang. Mudah-mudahan kita berharap semua ini bisa laku gitu, terlaksana dengan baik pelaksanaan lelangnya," sambungnya.

Untuk mobil sitaan yang tidak memiliki surat-surat, Elan mengatakan akan diproses dengan risalah lelang. Maka itu, pelaksanaan aanwijzing ini diperlukan agar para peserta lelang paham.

"Nanti makanya kita lakukan aanwijzing, ini kita lihat kondisinya seperti apa, nanti prosesnya itu setelah lelang kan, risalah lelang itu nanti bisa didaftarkan, dijadikan untuk penyelesaian surat suratnya, makanya kita sampaikan semua pada semua yang berminat, kita sampaikan apa adanya. Dan kita terbuka, siapa pun yang ikut silakan," ujarnya.

Selanjutnya daftar mobil mewah yang dilelang >>>

Lihat Video: Kerennya Ferarri yang Disita dari Tersangka Asabri Heru Hidayat

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2