Longsor di Kompleks Ciputat, 2 RT Terendam Luapan Kali Pesanggrahan

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 12:08 WIB
Longsor di Kompleks Telkom Tangsel
Tanah longsor di Kompleks Telkom, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Kadek Melda/detikcom)
Jakarta -

Tanah longsor terjadi di Kompleks Telkom, Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), semalam. Puing reruntuhan longsor itu jatuh ke anak Kali Pesanggrahan dan mengakibatkan banjir.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (12/6/2021) pukul 11.10 WIB, air dari anak Kali Pesanggrahan meluap ke jalan Perumahan Nerada. Perumahan Nerada berada di seberang kali tidak jauh dari Kompleks Telkom.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie meninjau lokasi longsor pagi ini. Benyamin mengatakan satu RW di Perumahan Nerada terendam banjir dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 cm.

"Satu RW tapi ada beberapa RT ya, dua RT dan ada kurang-lebih 56 keluarga, yang kena hampir 200 jiwa," kata Benyamin Davnie di lokasi.

Benyamin mengatakan tidak ada warga yang mengungsi akibat peristiwa tersebut. Namun pihaknya akan membuatkan tenda dan dapur umum.

"Nggak ada yang ngungsi. Tapi akan kita siapkan tenda dan dapur umum mulai hari ini," ujarnya.

Penyebab Longsor

Benyamin menyampaikan beton di pinggir kali roboh karena tergerus air. Pepohonan yang ada di pinggir kali, kata Benyamin, juga roboh.

"Jadi ini beton yang setebal itu nggak sampai fondasi tanah yang keras. Jadi aliran bawah lama-lama itu kan tahunan akhirnya tergerus air. Ketika tanah di bawahnya kosong, beton ini tidak mempunyai dudukannya," tuturnya.

"Tanah, kemudian ada pepohonan selain material beton, itu menutupi kali. Tutupan tadi akhirnya menyumbat aliran sungai. Jadi di hulu nanti di sana air tidak mengalir melimpah ke perumahan di sini dijebol ini, di sana juga ada tembok yang dijebol oleh warga supaya kalinya mengalir normal lagi," tambahnya.

Lebih lanjut Benyamin mengatakan pihaknya sedang proses melancarkan aliran air dengan membuat kanal. Debit air yang meluap dari kali sebutnya sudah mulai turun.

"Yang kita lakukan membuat kanal dulu. Ini di tengah kali yang tertimbun ini kita bikin kanal untuk aliran air, mengurangi debit air yang mengalir di sini. Sekarang sudah mulai surut dibandingkan tadi malam sampai sepinggang," imbuhnya.

Simak Video: Longsor di Ciputat Timpa Rumah Warga, Ini Kondisinya

[Gambas:Video 20detik]




(run/jbr)