Round-Up

Menaksir Spekulasi Politik di Balik BTS Meal ala Erick Thohir

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 06:45 WIB
Erick Thohir Beli BTS Meal
Foto: Instagram: @erickthohir
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir seakan tak mau kalah dengan milenial dan membeli BTS Meal. Langkah Erick Thohir itu ternyata memancing spekulasi politik di baliknya.

Spekulasi politik itu awalnya muncul lantaran Erick Thohir berburu BTS Meal di akun media sosialnya. Melalui postingan Instagramnya itu, Erick sempat bercerita dan mengirim pesan ke BTS ARMY di Indonesia.

"Hari ini saya minta tolong ke tim saya untuk coba belikan via drive thru dan masih kebagian. Semoga gerai McDonald's bisa tetap menjaga protokol kesehatan selama masa ini ya. Karena saya yakin BTS ARMY seluruh Indonesia semangat banget untuk menikmati BTS Meal (termasuk anak saya)," tulisnya di Instagram, Jumat (11/6/2021).

"Dapat juga, sampai keringetan, nggak tahu dapat atau nggak, eh alhamdulillah dapat, buat anak saya yang kecil Alia, McDonald's BTS Meal," imbuh Erick yang memuji saus yang disertakan paket BTS Meal.

Lantas bagaimana itu bisa memunculkan spekulasi politik? Hal itu diungkap pakar politik Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun, yang melihat apa yang dilakukan Erick Thohir lewat postingannya itu sebagai upaya menggaet pemilih milenial. Bagaimana tidak? Erick Thohir memang salah satu tokoh yang kerap masuk survei capres 2024.

"Dari sisi popularitas, cara Erick Thohir ikut berburu BTS Meal artinya ikut menaiki gelombang tren, terutama di kalangan milenial. Dari gayanya, Erick ini cukup bersaing dengan Ridwan Kamil dari sisi gimik menarik milenial," kata Rico.

Tak hanya itu, posisi Erick Thohir sebagai menteri, menurut Rico Marbun, juga dinilai cukup untuk kapitalisasi citra kompetensi dan kapabilitas. "Hanya untuk menggaet pemilih emosional, termasuk di kalangan milenial, harus banyak bermain di gimmick trend, ini salah satunya," imbuhnya.

Rico memandang Erick Thohir yang makin aktif di media sosial merupakan salah satu menteri yang potensial menjadi capres.

"Salah satu menteri paling aktif dan kinerjanya terutama dalam hal percepatan penyediaan vaksin cukup baik," pungkasnya.

Lantas apakah para pemilih milenial akan cukup tertarik dengan Erick Thohir usai menteri ini berburu BTS Meal? "Tentu harus dibuktikan juga dengan kinerja yang baik," pungkasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: Saat Erick Thohir Pamer Beli BTS Meal

[Gambas:Video 20detik]