Partai Koalisi Jokowi Kritik SBY Banggakan Kemiskinan Drop di Eranya

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 05:45 WIB
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), merespons terpilihnya Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat lewat agenda yang diklaim sebagai kongres luar biasa (KLB). SBY menuding Moeldoko telah melakukan kudeta bersama orang dalam partai. Hal itu disampaikan di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021).
Foto: SBY (Antara Foto/Asprilla Dwi Adha)
Jakarta -

PPP mengkritik cara Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang membanggakan turunnya pengangguran hingga kemiskinan di era kepemimpinannya. PPP menyebut sebagai seorang negarawan seharusnya SBY membandingkan dengan fair dan objektif.

"Boleh-boleh saja membandingkannya. Tapi harus apple to apple, lihat sikon yang melingkupi, harus fair dan objektif sebagai negarawan," kata Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, saat dihubungi, Jumat (11/6/2021).

"Data statistik (era SBY) memang bagus bahwa pengangguran drop. Tapi pengangguran tertutup saat itu dilihat ndak (nggak). Apalagi saat ini dihantam pandemi COVID-19 yang di era SBY tidak ada Covid," ucap Awiek.

Pria yang akrab disapa Awiek ini lantas menjelaskan alasan SBY tidak fair dalam membandingkan. Dia juga sempat menyinggung data pengangguran tertutup yang tidak dilihat oleh SBY.

Awiek mengaku heran dengan cara perbandingan yang dilakukan SBY. Menurutnya seharusnya segala faktor mulai dari pertumbuhan ekonomi, indeks pembangunan, hingga infrastruktur juga harus dibandingkan dalam kondisi normal.

"Apakah juga nanti akan bilang di era beliau jemaah haji bisa berangkat, di era sekarang tidak bisa? Ya tentu saja ada faktor Covid yang membeda. Caranya harus fair yakni melihat dalam situasi normal. Berapa perbandingan pertumbuhan ekonomi? Berapa indeks pembangunan? Kondisi infrastruktur bagaimana? Itu harus sama-sama dibandingkan dalam kondisi normal," ujarnya.

Simak selengkapnya kritikan dari PKB di halaman selanjutnya.

Tonton juga Video: Cerita Hasto soal SBY Pernah Dijuluki 'Bapak Bansos Indonesia'

[Gambas:Video 20detik]