Round-Up

3 Hari Penuh Misteri Bagi Eva di Gunung Abbo yang Kini Kampung Mati

Muhammad Taufiqqurahman, Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 05:17 WIB
Wanita pendaki yang hilang misterius di Gunung Abbo Maros berhasil ditemukan dalam kondisi selamat (dok Istimewa)
Foto: Wanita pendaki yang hilang misterius di Gunung Abbo Maros berhasil ditemukan dalam kondisi selamat (dok Istimewa)
Maros -

Tiga hari di Gunung Abbo mungkin akan menjadi salah satu babak paling diingat Eva (24). Selama 3 hari Eva hilang di gunung yang berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu.

Hari-hari itu diselimuti misteri: proses hilang hingga akhirnya ditemukan tim pencarian dan penyelamatan (search and rescue atau SAR) gabungan.

Pada Minggu (6/6), Eva bersama 10 orang temannya dalam pendakian di Gunung Abbo. Mereka mendirikan tenda di dekat sungai di gunung itu.

Setelah itu Eva pamit ke rekannya untuk pergi buang air kecil di balik bebatuan di sungai. Namun dia tak kunjung kembali.

Temannya pun menyusul ke sungai untuk mencarinya namun Eva tak ada. Di lokasi hanya ditemukan sandal jepitnya.

Pencarian hari itu tak membuahkan hasil. Teman-teman Eva pun melapor ke tim SAR.

Eva menceritakan soal awal dirinya hilang. Dia mengatakan sandal yang ditemukan rekannya di pinggir sungai memang sengaja dilepasnya.

Dia mengatakan sengaja melepas sandal karena tak ingin basah terkena air sungai. Eva mengaku sebelum tak sadar dirinya hilang, dia sempat mundur tiga langkah untuk buang air kecil dengan cara berjongkok.

Tim SAR saat menemukan pendaki wanita Eva (24) yang hilang di Gunung Abbo.Tim SAR saat menemukan pendaki wanita Eva (24) yang hilang di Gunung Abbo. (Foto: dok. Basarnas Makassar)

"Jadi saya lepas sandal dan mundur tiga langkah. Pas mau jongkok, saya sudah lupa (tidak sadar)," kata Eva dengan dialek Bugis-Makassar kepada wartawan, Kamis (10/6).

3 Hari Pencarian Eva

Pada Senin (7/6), Basarnas Makassar menerima laporan Eva hilang di Gunung Abbo. Sebanyak 100 orang tim SAR bergerak melakukan pencarian, pemetaan, dan analisis kejadian.

Pemetaan bermula di dekat sungai tempat Eva terakhir kali hilang. Dari sungai itu, ada sebuah jalan setapak yang bermuara ke dua desa terdekat, yakni Desa Panaikang dan Dusun Pattiro, Desa Labuaja, Maros. Ada kemungkinan korban menyusuri jalur setapak tersebut.

"Kita sudah infokan ke warga sekitar apabila menemukan korban dengan ciri-ciri pakai kerudung kuning agar menginfokan kepada petugas SAR," Dantim Basarnas Makassar Dadang Tarkas kepada detikcom, Selasa (8/6).

Sehari kemudian, pencarian masih terus dilakukan. Jumlah personel tim SAR bertambah menjadi 150 orang.

Pada Selasa (8/6), tim SAR masih menyusuri beberapa wilayah di Gunung Abbo. Mereka juga bersiaga di sekitar sungai yang dangkal tempat Eva buang air kecil. Meski kecil kemungkinan Eva tenggelam di sungai itu, tim SAR tetap menyusuri sungai.

"Sungainya itu tidak besar airnya, sampai mata kaki. Tapi tidak rata, ada yang dalam, ada yang dangkal," kata Dadang.

Ritual khusus dilakukan di hari ketiga pencarian. Hingga akhirnya Eva pun ditemukan tim SAR gabungan. Simak di halaman selanjutnya.



Simak Video "Hilang Misterius di Gunung Abbo, Wanita Pendaki Ditemukan Selamat!"
[Gambas:Video 20detik]