Kapolda Metro Lepas Mayjen Dudung Jadi Pangkostrad: Beliau Teladan Kami

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 15:55 WIB
Acara penghormatan untuk melepas Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang mendapatkan promosi sebagai Pangkostrad.
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangkostrad Mayjen Dudung Abdurachman (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menggelar acara penghormatan untuk melepas Mayjen Dudung Abdurachman yang mendapatkan promosi sebagai Pangkostrad. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut mantan Pangdam Jaya itu sebagai seorang prajurit teladan.

"Mayor Jenderal TNI Dudung Abudrachman bukan sekadar Pangdam Jaya bagi seluruh anggota Polda Metro Jaya, tapi beliau adalah teladan, kebanggaan dalam menjaga keamanan, menjaga etalase negeri agar tetap sejuk damai untuk semua," kata Irjen Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Sejumlah pejabat tinggi Polda Metro Jaya dan TNI hadir dalam acara pelepasan Mayjen Dudung, termasuk Pangdam Jaya yang baru Mayjen Mulyo Aji.

Irjen Fadil menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin selama Mayjen Dudung menjabat Pangdam Jaya. Dia menyebut Mayjen Dudung sebagai salah satu panutan dari para polisi di Polda Metro Jaya.

"Terbanglah tinggi garudaku untuk melindungi Ibu Pertiwi. Selamat jalan, jenderal kebanggaan kami semua. Semoga teladan-teladan tetap mengalir dalam darah dan ingatan kami untuk berbakti kepada negeri," ujar Irjen Fadil.

Acara penghormatan untuk melepas Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang mendapatkan promosi sebagai Pangkostrad. Mayjen Dudung Abdurachman (Yogi/detikcom)

Cerita Mayjen Dudung Selama Jadi Pangdam Jaya

Sementara itu, Majyen Dudung bercerita soal pengalamannya selama menjabat Pangdam Jaya. Salah satunya soal mengamankan aksi demonstrasi dan penanganan COVID di Jakarta.

"Saya banyak berterima kasih kepada Kapolda Metro Jaya dan tentunya para kapolres-kapolres ujung tombak. Saya tahu apa yang kapolres lakukan di lapangan bagaimana kita perihnya kita menghadapi demonstran, bagaimana perihnya kita menghadapi masalah COVID-19, para Bhabinkamtibmas, para Babinsa kita luar biasa," terang Dudung.

Dia menambahkan, di jabatan barunya sebagai Pangkostrad, Mayjen Dudung mengaku akan siap memberikan dukungan kepada Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. Dia mengaku akan menindak siapa pun yang mengancam persatuan negara.

"Saya sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis mempunyai pasukan yang begitu besar. Saya akan mem-backup Kodam Jaya Jayakarta dalam rangka bersinergi dengan kepolisian, dengan Polda Metro Jaya," katanya.

"Saya yakin ini bisa dilakukan karena di hati kita semua hanya satu, tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Siapa pun yang mencoba-coba mengganggu, mengoyak-ngoyak persatuan dan kesatuan, TNI-Polri pasti akan terdepan hadir membela rakyat," sambung Mayjen Dudung.

Untuk diketahui, Panglima TNI melakukan mutasi terhadap sejumlah perwira tinggi. Posisi Pangkostrad yang awalnya dijabat Letjen TNI Eko Margiyono digantikan oleh Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Serah-terima jabatan Pangkostrad tersebut dilaksanakan di lantai dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD) Jakarta Pusat, Selasa (8/6/2021). Acara sertijab pati TNI itu dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Mayjen TNI Dudung Abdurachman, yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya, secara resmi dilantik sebagai Panglima Kostrad.Posisi tersebut awalnya diisi oleh Letjen TNI Eko Margiyono yang kini akan menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum)TNI.

Lihat Video: Selamat! Mayjen Dudung Abdurachman Diangkat Jadi Pangkostrad

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/knv)