BMKG: Gempa M 2,8 Samosir Kategori Dangkal Diduga Akibat Swarm

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 13:30 WIB
Pusat gempa di Samosir (dok. BMKG)
Foto: Pusat gempa di Samosir (dok. BMKG)
Medan -

BMKG memberi analisis terkait gempa bumi bermagnitudo (M) 2,8 yang terjadi di Samosir, Sumatera Utara (Sumut). Menurut BMKG, gempa tersebut tergolong gempa dangkal karena pusat gempa berada pada kedalaman 1 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat gempa bumi lokal berjenis swarm atau aktivitas gempa dengan magnitudo relatif kecil dengan frekuensi kejadiannya tinggi dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama di wilayah sangat lokal yang terjadi di Kabupaten Samosir," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang Agus Riyanto kepada wartawan, Jumat (11/6/2021).

Dia mengatakan episenter terletak pada koordinat 2,54 LU dan 98,75 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km arah tenggara dari Samosir. Dia mengatakan gempa dirasakan warga pada skala MMI II, yang artinya getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan seperti lampu yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," tuturnya.

Agus juga mengatakan belum ada gempa bumi susulan yang terjadi. Dia meminta warga tetap tenang dan memantau informasi resmi dari BMKG.

"Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tuturnya.

Selain itu, dia menyampaikan data gempa yang terjadi di wilayah Samosir dan sekitarnya sejak 18 Februari 2021 hingga 11 Juni 2021. Menurutnya, ada 243 kejadian gempa bumi dan tujuh gempa yang dirasakan warga.

(haf/idh)