Hitung Suara Pilgub Kalsel: Petahana Ungguli Denny Indrayana

Antara News - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 09:29 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi pilkada (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Hitung suara Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) menempatkan petahana Sahbirin Noor dan Muhidin unggul atas pasangan Denny Indrayana-Difriadi. Dilihat di situs resmi KPU, progress hitung suara sudah mencapai 9.058 dari 9.069 TPS (99,88%).

Dilihat detikcom pukul 09.10 WIB, Kamis (10/6/2021), hitung suara ini adalah data per pukul 05.28 WIB. Petahana Sahbirin Noor mendapat 51,2 persen suara atau 868.409. Sementara itu, Denny Indrayana-Difriadi mendapat 48,8 persen suara atau 827.857 suara.

Dilansir Antara, Ketua KPU Kalsel Sarmuji menjelaskan data yang ditampilkan tersebut hasil foto formulir Model.C Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

"Apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model.C Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan," ujarnya.

Karena itulah, kata dia, hitung cepat yang ditampilkan bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara karena penetapan hasil rekapitulasi dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

PSU Pilgub Kalsel dilaksanakan pada satu kota dan dua kabupaten di Kalsel, yaitu di 301 TPS di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. Kemudian lima kecamatan di Kabupaten Banjar, yakni Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul ada 502 TPS serta 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

Denny Indrayana menyatakan pihaknya terbuka kembali melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diungkapkan Denny dan Difriadi saat memberikan keterangan resmi kepada awak media di Banjarbaru, Rabu (9/6/2021) sore.

"Kami membuka opsi untuk mengajukan sengketa hasil PSU Gubernur ke Mahkamah Konstitusi. Mengapa ini dilakukan, karena memperjuangkan nasib Kalsel yang dititipkan ke kami dengan suara yang sangat besar," ujar Denny.

Simak juga 'Gugatan Dikabulkan, Denny Indrayana Minta Pendukungnya Kawal Pemungutan Ulang':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/idn)