Round-Up

Urusan Utang Antarormas Bikin Polres Bekasi Digeruduk Kerumunan

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 23:05 WIB
Ortu ABG korban pencabulan anak anggota DPRD Bekasi mendatangi Polres Metro Bekasi, Rabu (19/5).
Markas Polres Metro Bekasi Kota (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video diduga bentrokan antarormas terjadi di depan Polres Metro Bekasi Kota, Jawa Barat, dini hari tadi, viral di media sosial. Peristiwa itu diduga berawal dari masalah utang yang melibatkan dua ormas.

Dalam video itu, terlihat puluhan orang berkerumun di depan halaman polres. Polisi tampak mencoba membubarkan massa. Terdengar pula tiga tembakan diduga gas air mata di lokasi tersebut.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Aloysius Suprijadi mengatakan, video yang beredar tersebut merupakan pembubaran salah satu ormas di Bekasi. Massa yang berkeras tetap berada di depan polres kemudian dibubarkan oleh aparat.

"Itu video pembubaran bukan bentrok. Polisi bubarkan massa PBB (Pemuda Batak Bersatu). Kejadian jam 1 pagi tadi. Massa nggak mau bubar ya kita dorong aja," kata Aloysius saat dihubungi detikcom, Rabu (9/6/2021).

Aloysius enggan menjelaskan alasan massa PBB tersebut berbondong-bondong datang ke depan Polres Metro Bekasi Kota. Dugaan ormas PBB sempat bentrok dengan ormas lainnya pun tidak dijawab.

"Itu video pembubaran massa ormas PBB di depan Mapolres. Bukan bentrokannya itu," katanya.

Provokator Diamankan

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya sempat mengamankan beberapa orang dari massa ormas PBB. Dua orang diduga provokator sempat diamankan petugas.

"Biasa kalau kaya unjuk rasa provokatornya kita ambil. Ada beberapa yang kita amankan tapi sekarang sudah dilepas lagi. Dua orang provokatornya dari (ormas) PBB," pungkas Aloysius.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.