Round-Up

Gempar Bajak Laut Teror Nelayan Kalbar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 22:32 WIB
Budi Karya Rapat di Atas Kapal Bajak Laut
Ilustrasi bajak laut (Dana Aditiasari/detikcom)
Pontianak -

Aksi bajak laut di perairan Kalimantan Barat membuat resah para nelayan. Bajak laut tersebut menodongkan senjata dan menjarah barang serta hasil tangkapan nelayan.

Kejadian itu terjadi di sekitar Kepulauan Karimata. Diketahui, Kepulauan Karimata merupakan salah satu sentra perikanan di Kabupaten Kayong Utara. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Provinsi Bangka Belitung.

Laporan Nelayan Resah

Setidaknya tiga kapal melaporkan menjadi korban bajak laut di perairan Karimata. Sejumlah barang di kapal dirampas.

"Pembajak itu merampas barang-barang nelayan, seperti solar, beras, dan ikan hasil tangkapan nelayan, dengan total kerugian kurang-lebih Rp 16 juta. Kami sudah melaporkan hal tersebut ke Bupati dan aparat hukum di Polres Kayong Utara," kata petugas di kantor Camat Kepulauan Karimata Yerry Syulasman seperti dilansir dari Antara, Minggu (6/6).

Dia menyebut para bajak laut itu mengintai dan menjarah nelayan di Kepulauan Karimata yang tengah menangkap ikan dengan menggunakan senjata api. Menurutnya, aksi bajak laut itu telah terjadi sejak Ramadhan lalu dan sudah dilaporkan ke pihak berwajib.

Menurut keterangan nelayan, ada tujuh pelaku yang menggunakan kapal dengan mesin 4 silinder. Mereka menodongkan senjata api untuk menakuti para nelayan. Aksi bajak laut itu membuat nelayan ketakutan.

"Nelayan kami di Kepulauan Karimata merasa sangat takut oleh aksi perompak itu yang sewaktu-waktu bisa meneror mereka ketika sedang mencari ikan di lautan lepas," ujarnya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.