Perampok-Pemerkosa Mahasiswi di Makassar Pernah 2 Kali Dipenjara

Reinhard Soplantila - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 15:47 WIB
Perampok yang Perkosa Mahasiswi di Makassar Ditangkap Bersama Komplotannya
Foto: Rizal (38) perampok dan pemerkosa mahasiswi di Makassar (Hermawan/detikcom).
Makassar -

Rizal (38), pria yang ditangkap polisi karena merampok kos putri dan memperkosa mahasiswi di Kota Makassar ternyata seorang residivis. Rizal pernah 2 kali di penjara di Kabupaten Barru dan Kabupaten Gowa, Sulsel atas kasus perampokan.

"Dia (Rizal) ditangkap dan menjalani hukuman di Barru dan Gowa," ujar Kanit Jatanras Polrestabes Makassar, Iptu Iqbal Usman, Rabu (9/6/2021).

Atas kasus perampokan di Kabupaten Barru, Rizal divonis penjara selama 1 tahun lebih pada tahun 2015.

"Di Barru dia kasus curat (pencurian dengan pemberatan), masuk rumah dengan cara merusak, mencungkil dan sebagai macamnya," ungkap Iqbal.

Setelah bebas, Rizal kembali melakukan aksi perampokan di Kabupaten Gowa. Saat itu dia berpura-pura sebagai petugas survei perumahan.

"Jadi modusnya dia itu sebagai petugas survei rumah. Sambil dia mengaku petugas, sekaligus dia gambar rumah itu dan dia kembali dia lakukan aksinya," kata Iqbal.

"Dia juga mengambil HP, barang berharga, saat rumah itu kosong," imbuhnya.

Atas aksinya di Gowa, Rizal ditangkap Polres Gowa dan divonis penjara 1 tahun lebih, tepatnya sejak tahun 2017 hingga tahun 2019.

Setelah lepas dari masa tahanannya di Kabupaten Gowa, Rizal kembali beraksi bersama 3 orang rekannya untuk mengincar sejumlah kos dan asrama putri. Tak hanya merampok, Rizal juga memperkosa mahasiswi penghuni kamar kos yang dibobol olehnya.

Simak Video: Polisi Tangkap Perampok yang Setubuhi Mahasiswi di Makassar

[Gambas:Video 20detik]




(nvl/nvl)