Komnas HAM Panggil Kepala BKN dan Psikologi TNI AD soal TWK KPK

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 11:09 WIB
Jakarta -

Komnas HAM hari ini menjadwalkan pemanggilan kepada perwakilan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan tim psikologi Angkatan Darat (AD) terkait polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) KPK. Komnas HAM akan mendalami sejumlah hal berkaitan dengan laporan 75 pegawai KPK yang tidak lulus TWK.

"Memang (pemanggilan) BKN dengan Psikologi TNI AD, tapi mereka diwakilkan, katanya sudah hadir," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kantornya, Rabu (9/6/2021).

Sebelumnya, Komnas HAM mengatakan akan menjadwalkan pemanggilan terhadap beberapa pihak berkaitan dengan laporan TWK KPK. Komnas HAM juga berencana memanggil Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

"Rencananya kami mengundang pimpinan KPK dan pimpinan lembaga lainnya hari Selasa dan Rabu (8/6). Sementara ini (yang akan diperiksa) pimpinan KPK, BKN," ujar Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kepada detikcom, Jumat (4/6).

Namun, saat itu pimpinan KPK tidak datang. Pimpinan KPK malah bersurat meminta penjelasan Komnas HAM terkait pemanggilan soal TWK itu.

Seperti diketahui, Komnas HAM masih terus mendalami polemik tes wawasan kebangsaan KPK dengan mulai memanggil satu per satu semua pihak yang berkaitan. Beberapa waktu yang lalu penyidik senior KPK yang juga salah satu pegawai yang terkena dampak TWK, Novel Baswedan, dan beberapa pegawai lainnya juga telah dipanggil oleh Komnas HAM.

(zap/dhn)