Komisi IX Desak Dinkes Kudus-Jateng Ikuti Standar Urus Limbah Medis Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 19:36 WIB
Sejumlah limbah medis berserakan di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Simpang Tujuh Kudus. Parahnya terdapat bekas alat yang digunakan tes COVID-19 ikut berceceran.
Limbah Medis Corona di JPO Kudus (Dian Utoro Aji/detikcom)
Jakarta -

Sampah plastik hingga limbah medis bekas antigen Corona berserakan di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Simpang Tujuh, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Komisi IX DPR RI meminta Dinkes Kudus dan Jateng untuk mengikuti standar pembuangan limbah medis dan alat bekas penanganan virus Corona (COVID-19).

"Satgas dan Dinkes Kudus dan Provinsi Jateng harus selalu memastikan standar penanganan COVID-19 berlangsung dengan baik dan disiplin sesuai aturan yang berlaku," kata Wakil Ketua Komisi IX Melki Laka Lena kepada wartawan, Selasa (8/6/2021).

"Mulai dari deteksi, terapi dan vaksinasi, hingga menghancurkan limbah berbahaya bekas pakai harus selalu dilakukan sesuai standar yang berlaku," lanjutnya.

Alat bekas penanganan virus Corona, kata Melki, harus diperlakukan sesuai dengan standar. Dia menekankan agar mengikuti penanganan limbah penyakit menular berbahaya.

"Alat bekas pakai APD, alat tes antigen atau bahan yang dipakai dalam deteksi, terapi dan vaksinasi harus dibuang dalam penanganan limbah khusus penyakit infeksi menular berbahaya," kata dia.

Pemerintah setempat juga diminta Melki untuk menjaga ekosistem tetap sehat. Terutama karena saat ini Kudus mengalami lonjakan kasus Corona.

"Satgas dan Dinkes Prop Jateng perlu membuat ekosistem yang sehat, kuat, saling mendukung dan menopang antar kabupaten sehingga bisa saling membantu apabila ada sikon seperti yang dialami Kudus," kata dia.

Untuk diketahui, sejumlah sampah plastik hingga sampah medis berserakan di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) di kawasan Simpang Tujuh Kudus, Jawa Tengah. Ngerinya ada alat tes antigen virus Corona atau COVID-19 maupun alat suntik yang juga dibuang sembarangan.

Pantauan di lokasi, Senin (7/6), sekitar pukul 14.00 WIB, sampah-sampah itu berada di bagian selatan JPO di kawasan Simpang Tujuh Kudus. Terlihat ada bekas alat suntik, dan bekas alat tes COVID-19 yang berceceran di sekitar JPO tersebut.

Ada tulisan 'COVID-19 IgG/IgM' di bagian alat tes COVID-19 yang berceceran itu. Di lokasi terlihat ada sekitar empat alat bekas tes COVID-19 dan sejumlah alat suntik.

Simak video 'Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo Siap Tampung Pasien Corona dari Kudus':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/maa)