Anies Kenang Soeharto sebagai Pemimpin Mengayomi dan Kebapakan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 19:03 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara syukuran 100 tahun kelahiran Presiden Ke-2 RI Soeharto. Anies mengenang Soeharto sebagai sosok pemimpin yang kebapakan.

Anies menyebut Soeharto adalah seorang pemimpin yang memiliki kematangan. Soeharto juga pemimpin yang memiliki stabilitas jiwa dan mental luar biasa.

"Ketenangan dalam menghadapi situasi apa pun mengirimkan pesan kepada semua yang nuansanya selalu kebapakan, nuansanya mengayomi, nuansanya membangun perasaan persatuan," kata Anies dalam acara syukuran 100 tahun Soeharto di Masjid Agung At-Tin TMII, Jakarta Timur, Selasa (8/6/2021).

Anies menyebut Soeharto meninggalkan banyak program yang hingga kini dirasakan. Mulai pembangunan di bidang kesehatan hingga pendidikan.

"Di bidang kesehatan, puskesmas dibangun di mana-mana. Di bidang pendidikan, SD inpres sampai perguruan tinggi dan banyak program lain," ucapnya.

Anies Ajak Masyarakat Doakan Soeharto

Hadirnya Anies dalam acara syukuran satu abad Soeharto untuk ikut turut mendoakan almarhum. Dia berharap segenap anak bangsa saat ini bisa meneruskan jejak perjuangan Soeharto.

"Kami ikut hadir, ikut mendoakan semoga di dalam kita meneruskan perjuangan bangsa, kita ambil hikmah, ambil keteladanan dari Pak Harto. Sekaligus kita doakan semoga Pak Harto mendapat tempat yang mulia, yang ditinggikan di sisi Allah SWT," katanya.

Seperti diketahui, Keluarga Cendana menggelar syukuran 100 tahun Presiden RI ke-2 Soeharto. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut menghadiri acara ini.

Acara syukuran ini dimulai pukul 15.25 WIB, dengan salat asar berjemaah. Selepasnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan Surat Yasin hingga membagikan santunan kepada anak yatim.

Berdasarkan informasi, anak-anak Soeharto, yakni Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek), hadir dalam acara ini. Acara ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat, para tamu dites swab antigen dulu dan berbaris menjaga jarak.

(knv/knv)