Anies Perkirakan 300 Ribu Pendaftar Akses Situs PPDB DKI 2021

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 12:13 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Foto Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2021 sedang berlangsung. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkirakan akan ada 300 ribu pendaftar yang mengajukan akun pendaftaran di situs PPDB DKI.

"Pendaftar yang diantisipasi untuk mengikuti PPDB sekitar 300 ribu karena itu diperkirakan ada pembukaan akun pendaftaran sekitar 300 ribu," kata Anies Baswedan di Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (8/6/2021).

Anies mengatakan sejak kemarin sebanyak 70 ribu pendaftar mengakses situs PPDB dan mengajukan akun. Kemudian, hari ini jumlahnya bertambah menjadi 150 ribu.

"Artinya, sudah lebih dari separuh potensi pendaftar sudah mendapatkan akun untuk pendaftaran. Insyaallah ini akan bisa berjalan dengan baik sampai tuntas," jelasnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengatakan saat ini kendala terkait akun PPDB DKI telah diatasi. Dia meminta baik orang tua maupun siswa bisa mendaftar dengan tenang.

"Karena itu, apabila kemarin ada gangguan dari sistem kemudian tidak dapat digunakan sementara waktu maka waktu pendaftaran pun akan ditambahkan. Sehingga tidak ada yang kehilangan kesempatan. Semua akan mendapat kesempatan yang sama," tegas Anies.

"Saya ingin pastikan kepada warga Jakarta bahwa kami akan melakukan semua yang kita bisa lakukan untuk membuat ibu bapak dan adik-adik semua tenang," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, situs resmi PPDB Jakarta 2021 sulit diakses. Imbasnya, proses pengajuan akun dihentikan sementara.

Hal itu diumumkan oleh Disdik DKI Jakarta melalui akun Twitter @PPDBDKI1. Pemberitahuan itu diunggah pada Selasa (8/6).

Sistem pembukaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online di Jakarta masih dalam tahap optimalisasi. Jadi, pengajuan PPDB dihentikan sementara dan bisa dimulai lagi pukul 12.00 WIB.

"Sehubungan dengan Optimalisasi Sistem PPDB Online, pengajuan akun akan dihentikan sementara mulai hari selasa dari Pukul 01.30 S/D 12.00 WIB. Setelah proses optimalisasi selesai, dapat melakukan Pengajuan akun kembali," tulis akun tersebut.

Lihat juga video 'Soal PPDB DKI, Anies Tak Ingin Ada 'Hidden Privilege'':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)