e-Life

Jalan Berlubang Ikut Sumbang Kontroversi Road Bike

dtv - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 18:30 WIB
Jakarta -

Pesepeda profesional, Tino Latuheru berpendapat jika jalan raya di Jakarta bebas lubang, hal ini akan sangat membantu pengendara road bike maupun pengguna jalan lainnya untuk merasa nyaman.

Hal ini disampaikan Tino saat ditanya mengenai wacana Pemprov DKI untuk menjadikan Jalan Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang sebagai lintasan road bike secara permanen.

Baginya, terlepas dari wacana tersebut direalisasikan atau tidak, pengguna road bike tidak merasa harus diperlakukan spesial. Jika road bike memang hanya bisa melintas di jalan raya, hal ini tidak jadi masalah bagi Tino.

"Saya kalau memang diizinkan, gitu, bersuara juga untuk PU (Kementerian/ Dinas Pekerjaan Umum-red). Kalau semua jalur, jalur kiri itu clear, nggak ada lubang-lubang, orang pasti nyaman main di situ. Kenapa orang akan ngambil jalur dua di tengah, karena jalur kirinya banyak lubang-lubang," kata Tino dalam program e-Life di detikcom.

Perlu diketahui bahwa road bike tidak bisa melintas di lajur sepeda biasa yang disediakan pemerintah. Hal ini disebabkan oleh kecepatan road bike yang bisa melaju hingga 30-35 km/jam dan bisa membahayakan pesepeda jenis lainnya jika melintas di lajur yang sama.

Oleh karena itu, peleton road bike biasanya melaju di jalur kiri jalan raya. Akan tetapi, beberapa kali nampak peleton sepeda road bike yang melaju di jalur tengah sehingga menghalangi pengguna jalan lainnya.

Bagi Tino, hal ini bisa diminimalisir jika jalur kiri "clear" atau bebas lubang, sehingga pesepeda tidak akan mungkin melintas di jalur tengah.

"Besaran sepeda kita itu cuman 25 mm, kecil sekali itu ban kita. Sehingga kalau ada lubang-lubang yang mengganggu atau getaran tinggi, di stang kita, kita pasti hindari itu. Sehingga, jadilah kita mainnya agak ke tengah, gitu. Nah, mungkin PU bisa membantu agar yang lubang-lubang, itu ditutup. Dirapikan, sehingga lebih nyaman," ujar Tino.

Tonton video e-Life selengkapnya dengan tema ROAD BIKE di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(gah/gah)