Ade Armando Bikin Civil Society Watch, Apa Fungsinya?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 18:30 WIB
Disebut Kebal Hukum, Ade Armando Laporkan Balik Fahira Idris
Ade Armando (Samsuduha/detikcom)
Jakarta -

Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando, membentuk lembaga pemantau LSM bernama Civil Society Watch. Apa tujuan dari lembaga ini?

Awalnya, Ade Armando memperkenalkan Civil Society Watch melalui akun Twitternya, @adearmando1 pada Minggu (6/6/2021). Dia mengunggah foto dirinya dengan para personel lembaga tersebut.

"Kami adalah Civil Society Watch. Kami berdiri untuk membantu menjaga agar kelompok-kelompok LSM, NGO, media massa, ormas tetap menjadi kekuatan yang sehat dalam Demokrasi," tulis Ade Armando.

Namun banyak warganet yang menganggap keberadaan Civil Society Watch aneh. Pasalnya, dari namanya, lembaga ini seperti bertugas mengawasi lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang fungsinya juga mengawasi pemerintah.

Lalu, apa sebenarnya tujuan Civil Society Watch ini?

Saat dihubungi, Senin (7/6), Ade menjelaskan bahwa Civil Society Watch dibentuk untuk membangun masyarakat sipil yang kuat. Yang dimaksud sebagai masyarakat sipil adalah kelompok masyarakat yang berada di luar pemerintah.

"Civil Society Watch dibentuk dengan tujuan membantu membangun masyarakat sipil yang kuat yang memang dibutuhkan dalam proses demokratisasi dan penyejahteraan rakyat Indonesia. Masyarakat sipil di sini merujuk pada kelompok-kelompok masyarakat yang berada di luar pemerintah, parlemen, pengadilan, lembaga-lembaga negara dan dunia bisnis," kata Ade Armando saat dihubungi detikcom.

Lihat juga video 'Komisi III: Komnas HAM Sudah Menjadi LSM, Apa Saja Dikomentari':

[Gambas:Video 20detik]



Lantas, apa tugas Civil Society Watch? Silakan klik halaman berikutnya.