4 Tersangka Kasus Kebun Ganja di Brebes Ditangkap: Pemodal hingga Pengguna

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 15:57 WIB
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar (Karin/detikcom)
Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar (Karin/detikcom)
Brebes -

Polisi menangkap empat tersangka terkait dengan kepemilikan kebun ganja yang ditanam secara hidroponik di sebuah rumah di Brebes, Jawa Tengah. Diketahui rumah tersebut merupakan lokasi penanaman ganja dengan sistem hidroponik.

"Itu ada pengguna, pemodal, dan perawat kebun ganja rumahan," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Ronaldo Maradona Siregar dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Para pelaku ditangkap di lokasi yang berbeda-beda. Dari keempat orang tersebut, polisi baru mengungkap identitas dari pemodal ganja dan perawat kebun ganja di Brebes tersebut.

"Pertama Y sebagai perawat kebon ganja di Brebes. Kedua adalah U yang diungkap di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, sebagai pemodal atau penyuruh Y ini merawat di Brebes, Jawa Tengah," ujar Ronaldo.

Ronaldo belum mau mengungkap lebih banyak terkait penangkapan keempat tersangka tersebut. Dia menyebut akan menjelaskan pada keterangan rilis.

"Untuk lebih jelasnya, kita akan sampaikan dalam keterangan rilis," ucap dia.

Dalam penangkapan tersangka tersebut, polisi berhasil menyita ratusan pot ganja. Diketahui rumah tersebut merupakan lokasi penanaman ganja dengan sistem hidroponik.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo pun membenarkan adanya penggerebekan tersebut.

"Ya benar. Kami baru saja melakukan penggerebekan di sebuah rumah di daerah Brebes, Jawa Tengah, yang dijadikan tempat penanaman pohon ganja," kata Ady dalam keterangan tertulis.

300 Tanaman Ganja Disita

Sekitar 300 pohon ganja diamankan dari sebuah rumah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tanaman ganja itu ditanam dalam pot.

Penggerebekan tersebut dilakukan berdasarkan pengembangan penyidikan yang dilakukan terhadap tersangka berinisial H (30), jaringan pengedar ganja yang ditangkap Polres Jakarta Barat. Tanaman ganja yang diamankan tersebut diperkirakan berumur 3 bulan.

Penghuni rumah, Y, mengaku tidak mengetahui bahwa tanaman yang ada di dalam pot adalah ganja. Dia berdalih, lanjutnya, hanya diberi tugas oleh majikannya yang tinggal di Jakarta untuk merawat tanaman tersebut.

Simak juga video 'Tanam Ganja di Kos-kosan, 3 Pemuda Ditangkap Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)