Road Bikers di JLNT Naik 60 Persen Selama Uji Coba, Total 4.005 Sepeda

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 14:09 WIB
JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang diuji coba sebagai lintasan road bike mulai hari ini. Sejumlah pesepeda pun ramai-ramai datang untuk bersepeda di jalur tersebut
Uji Coba Road Bike, JLNT Kp Melayu-Tanah Abang (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Dishub DKI Jakarta mencatat pesepeda road bike mengalami peningkatan signifikan selama uji coba di JLNT. Total tiga kali uji coba ada 4.005 road bikers yang melintas.

"Ada 3 kali uji coba, terjadi peningkatan jumlah pengguna road bike yang signifikan. Yaitu pada uji coba pertama sebanyak 1.666 pesepeda road bike yang melintas di JLNT. Dan meningkat pada uji coba kedua yaitu jadi 2.499 pesepeda. Uji coba ketiga kemarin pada tanggal 6 Juni, ini kembali meningkat menjadi 4.005 pesepeda yang masuk kawasan ini atau sebanyak 60,26% peningkatannya," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021).

Syafrin mengatakan lokasi uji coba jalur khusus road bikers baru dua titik, yakni di Sudirman-Thamrin, dan khusus hari Minggu di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang.

Dia mengatakan saat ini pemantauan road bikers di Sudirman-Thamrin terus dilakukan. Uji coba pertama yang dilakukan pagi tadi disebut berlangsung tertib.

"Kami akan lakukan edukasi, sosialisasi, secara masif kepada mereka sehingga seluruhnya akan fokus dan konsisten menggunakan lajur paling kiri," kata dia.

Syafrin mengungkapkan uji coba jalur road bike di Sudirman-Thamrin ini dilakukan secara rutin setiap Senin-Jumat. Hanya, pihaknya belum menentukan kapan bakal meresmikan jalur road bike itu.

Syafrin menuturkan pesepeda bakal dieliminir dari jalur kendaraan bermotor Sudirman-Thamrin ke jalur khusus sepeda apabila waktu sudah menunjukkan pukul 06.30 WIB. Dia turut membeberkan jumlah personel yang diterjunkan untuk mengamankan uji coba hari ini.

"Untuk hari ini dari rekan-rekan ada Polda Metro Jaya 93 personel. Dari kami 100-an personel. Disebar di sisi Bundaran HI sampai Bundaran Senayan," lanjutnya.

Simak video 'Bergengsi Nan Kontroversial, Road Bike':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)