Dishub Klaim Uji Coba Jalur Road Bike Sudirman-Thamrin Hari Pertama Tertib

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 07 Jun 2021 08:11 WIB
Uji coba jalur road bike
Uji coba jalur road bike. (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Uji coba jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, dimulai hari ini pukul 05.00-06.30 WIB. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengklaim seluruh pengguna road bike tertib berada di jalur yang sudah disediakan pagi ini.

"Pegiat road bike yang biasanya mereka gunakan lajur paling kanan, saat ini mereka sudah menggunakan lajur paling kiri. Jadi mereka sudah konsisten. Kita harapkan, ke depan melalui sosialisasi edukasi ini maka semua pengguna jalan itu memahami bahwa jalan ini adalah jalan bersama untuk digunakan. Dan tentu perlu ada pengaturan secara komprehensif," ujar Syafrin saat ditemui di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (7/6/2021).

Syafrin mengungkapkan uji coba jalur road bike ini dilakukan secara rutin setiap Senin-Jumat. Hanya, pihaknya belum menentukan kapan bakal meresmikan jalur road bike itu.

"Terus kami lakukan uji coba untuk menerima masukan, menilai aspek teknis, dan pola operasional. Sehingga dalam pengaturannya itu masih implementasi, belum tahu berapa lama (uji coba)," katanya.

Selain itu, lanjut Syafrin, para pesepeda bakal dieliminir dari jalur kendaraan bermotor Sudirman-Thamrin ke jalur khusus sepeda apabila waktu sudah menunjukkan pukul 06.30 WIB. Syafrin turut membeberkan jumlah personel yang diterjunkan untuk mengamankan uji coba hari ini.

"Dieliminir mereka berada di waktu itu, sehingga setelah waktu 06.30 WIB tidak ada lagi pegiat sepeda yang bercampur dengan kendaraan bermotor. Semuanya pesepeda wajib masuk ke jalur sepeda permanen," kata Syafrin.

"Untuk hari ini dari rekan-rekan ada Polda Metro Jaya 93 personel. Dari kami 100-an personel. Disebar di sisi Bundaran HI sampai Bundaran Senayan," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu pengguna road bike yang mengaku sebagai mantan atlet, Alvin Firlandi, bersyukur pemerintah memberikan fasilitas berupa jalur khusus road bike. Namun, dia berharap durasi uji coba jalur road bike di Sudirman-Thamrin diperpanjang hingga pukul 07.00 WIB.

"Saya rutin tiap pagi latihan dari jam 05.30 WIB sampai 06.30 WIB. Biasanya sebelum ada aturan, sampai jam 07.00 pagi. Ya bersyukur kita masih dikasih fasilitas untuk berolahraga. Kita berharap jamnya ditambah. Ibaratnya kurang puas," ucap Alvin saat ditemui terpisah.

Berdasarkan pantauan detikcom sejak pukul 05.40 WIB di kawasan Sudirman-Thamrin, tidak terlalu banyak pengguna road bike yang melintas. Mereka hanya melintas sesekali secara berpeleton.

Para petugas pun tampak mengatur pengguna road bike agar tetap berada di sisi kiri jalur. Lalu lintas pagi ini di lokasi ramai lancar.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini akan menggelar uji coba jalur road bike di sepanjang kawasan Sudirman-Thamrin. Uji coba akan dilaksanakan setiap Senin-Jumat.

"Mulai hari Senin akan dilaksanakan pula uji coba lintasan road bike di Jalan Sudirman-Thamrin yang akan berlaku selama jam 05.00-06.30 WIB. Jadi uji coba akan dilaksanakan seminggu ke depan, Senin sampai Jumat pada pagi hari akan ada lintasan road bike," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di JLNT Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (6/6).

Syafrin menjelaskan pengguna road bike akan diarahkan untuk melintas di lajur kiri, tepatnya di sebelah jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin. Uji coba akan berlangsung pada pukul 05.00-06.30 WIB.

"Untuk tahap uji coba awal para pengguna road bike akan menggunakan lajur kiri. Setelah jalur permanen sepeda, maka ada lajur kiri, maka pesepeda road bike akan diarahkan ke lajur kiri dari jam 05.00-06.30 WIB," jelasnya.

Simak video 'Road Bike di Jalur Sudirman-Thamrin Akan Diuji Coba Sepekan':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)