Warga Kebumen Dapat Bantuan Mobil Ambulans dan Alkes dari Kemendag

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 15:42 WIB
Bantuan yang diberikan antara lain sejumlah paket alat kesehatan, paket sembako, paket Alquran dan juga satu unit mobil ambulance
Foto: Pemkab Kebumen
Kebumen -

Warga Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen mendapatkan sejumlah bantuan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) dalam Program Kemendag Peduli. Selain itu, Kemendag juga akan fokus membantu pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan membangun pasar-pasar di Kebumen.

Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto di Gedung Serbaguna Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Jumat (4/6).Turut hadir dalam acara itu Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, dan jajaran terkait di bawahnya.

Bantuan yang diberikan antara lain sejumlah paket alat kesehatan, paket sembako, paket Alquran dan juga satu unit mobil ambulans yang digunakan untuk warga Plumbon. Sebagai orang yang lahir dan dibesarkan di Desa Plumbon, Suhanto merasa punya ikut tanggung jawab untuk membantu masyarakat Plumbon dalam banyak hal.

"Sebagai orang yang lahir di desa ini, tentu saya tidak akan melupakan kampung halaman. Plumbon adalah tanah kelahiran saya, maka saya pun berusaha untuk tidak pernah lupa dari mana saya berasal. Inilah yang bisa kita berikan untuk Plumbon," kata Suhanto di sela-sela acara.

Suhanto memberikan bantuan satu unit mobil ambulance karena ia merasakan betul bagaimana kehidupan masyarakat Plumbon pada saat ia kecil. Dengan letak desa yang sangat jauh dari kota, warga Plumbon harus berjalan kaki puluhan kilo meter untuk bisa sampai ke kota.

"Kalau dulu zaman saya kecil kalau ada orang mau lahiran itu ditandu jalan kaki puluhan kilo untuk bisa sampai ke rumah sakit di kota. Alhamdulillah sekarang sudah ada ambulance, warga tidak lagi harus menunggu mobil dari kota, cukup ke balai desa saja, dan ini gratis untuk warga miskin," imbuhnya.

Ia menyatakan, bukan hanya Plumbon, Kebumen juga akan menjadi prioritas dalam program bantuan di Kemendag. Pihaknya akan fokus membantu pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan membangun 29 pasar di Kebumen.

"Tahun ini kita akan bangun lagi dua pasar di Kebumen, yakni Pasar Dorowati dan Pasar Kejawang. Sebagai Putra Daerah saya tidak hanya memikirkan untuk Plumbon saja, tapi juga untuk semua masyarakat Kebumen. Bahkan saya juga harus berpikir lingkup nasional untuk kabupaten lain," tambahnya.

Sementara itu, Arif menyampaikan terima kasih atas kebaikan dan perhatian Suhanto untuk warga Kebumen. Bantuan ini tentunya sangat bermanfaat dan telah ikut membantu Pemerintah Kabupaten dalam menjalankan program kerakyatan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada beliau Bapak Sekjen, Kebumen ternyata tidak kekurangan orang-orang hebat. Dan saya salut dengan perhatian dan komitmen beliau untuk ikut membantu masyarakat Kebumen. Karena biasanya orang sudah duduk menjadi pejabat, lupa asal usulnya. Tapi beliau sama sekali tidak. Kebumen selalu ada dalam hatinya," ucap Arif Sugiyanto.

Arif berharap, kerja sama yang baik bisa terus jalin antara Pemkab Kebumen dengan Kemendag sehingga bisa mengangkat status Kebumen sebagai kabupaten termiskin di Jawa Tengah.

"Karena saya pikir Pak Suhanto di posisinya saat ini juga tidak ingin mendengar lagi Kebumen sebagai kabupaten termiskin. Jadi untuk mengangkat itu, kita butuh kerja sama dari semua pihak," tandasnya.

(fhs/ega)