E-commerce Dongkrak Penjualan Seprai Ini hingga 150 Pesanan Per Hari

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 13:50 WIB
proven sprei
Foto: proven sprei
Jakarta -

E-commerce kini memang jadi salah satu wadah untuk memperluas bisnis hingga mendongkrak penjualan. Tak heran banyak para pegiat usaha yang mulai memasarkan produknya secara online melalui e-commerce.

Maria Tanesia, pemilik Proven Sprei asal Tangerang menceritakan kesuksesan bisnisnya sejak bergabung ke e-commerce Shopee. Dari modal awal Rp 200. 000, Maria mengatakan Proven Sprei kini bisa mendapatkan orderan hingga 150 pcs sprei dalam satu hari. Shopee, menurut Maria, selalu memberikan program menarik dan berbeda sehingga berdampak terhadap penjualan Proven Sprei.

"Sejak berjualan online bersama Shopee, penjualan Proven Sprei naik menjadi sekitar 150 pesanan per hari dan sudah berhasil memproduksi ribuan sprei berbahan lokal. Ini tidak terlepas dari bantuan Shopee yang selalu peduli terhadap keberlangsungan bisnis penjual, selalu melakukan inovasi terbaru dan membuat fitur berbeda dari marketplace lainnya," ujar Maria dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/6/2021).

Bergabung bersama Shopee di tahun 2016, Maria juga merasa terbantu dengan berbagai fitur Shopee seperti flash sale, diskon, gratis ongkir, program dan promo lainnya. Bahkan, ia mengaku program kampanye Shopee turut mendongkrak penjualannya.

"Berbagai program dan kampanye besar yang ditawarkan oleh Shopee seperti 6.6 Rumah dan Hobi Sale yang diikuti oleh Proven Sprei juga turut mendongkrak penjualan kami. Kami memberikan berbagai promo seperti diskon sampai dengan 70%, produk-produk yang dijual dengan harga di bawah Rp 50.000 serta voucher diskon toko sampai 50% yang akan aktif di tanggal tertentu selama periode kampanye 6.6 berlangsung. Di Hari Puncak Kampanye, penjualan kami mencapai tiga kali lipat order harian di waktu biasa," imbuhnya.

Di samping itu, Maria mengatakan juga terbantu dengan adanya Program Shopee Ekspor. Pasalnya, bisnis rumahan yang ia geluti secara offline selama 8 tahun ini kini dapat menembus pasar global seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Thailand.

"Bantuan yang diberikan oleh Shopee tidak hanya berhenti sampai membantu penjualan kami di dalam negeri saja, tetapi juga ke luar negeri dengan mengikuti Program Ekspor Shopee sejak April 2020," ungkapnya.

Melalui program ekspor ini, Maria menyebut penjualan Proven Sprei juga selalu meningkat setiap bulannya. Menurutnya, program ini mempermudah pelaku usaha lokal untuk memperluas bisnisnya secara global.

"Saya merasa senang dengan edukasi, pelatihan dan pendampingan yang diberikan oleh Shopee sehingga Proven Sprei bisa merambah ke pasar global. Proses ekspor yang dibantu oleh Shopee juga memberikan kemudahan bagi penjual untuk tetap bisa fokus dalam meningkatkan kualitas dan desain produk kita agar dapat bersaing di luar negeri. Pesanan ekspor pertama kami datang dari Singapura dan sampai sekarang mayoritas pesanan ekspor kami lebih dari 70% dari sana," katanya.

Berkat bisnis Proven Sprei yang terus berkembang hingga mancanegara, Maria yang dulunya hanya memiliki satu pegawai kini telah dapat mempekerjakan hingga 20 pegawai. Maria yang memulai bisnisnya dengan mencari bahan hingga mengukur sprei sendiri kini juga telah bekerja sama dengan supplier tekstil lokal.

Dari berbagai produk milik Proven Sprei, Maria menyebut sprei katun jadi favorit konsumennya, baik di luar negeri maupun Indonesia. Ke depannya, Maria berharap dapat semakin membuka banyak lapangan pekerjaan seiring terus berkembangnya penjualan Proven Sprei secara online di Shopee.

"Pesanan terpopuler adalah sprei tipe katun, ini juga merupakan produk yang paling banyak dibeli oleh pelanggan kami di Indonesia. Sejak saat itu saya bersemangat untuk dapat terus meningkatkan penjualan ekspor bersama dengan Shopee. 'Proven' sendiri artinya terbukti dalam bahasa Inggris, dengan perjalanan ekspor bersama Shopee ini, rasanya Proven, sprei Tangerang desainnya cocok untuk pelanggan di mancanegara dan tidak kalah kualitasnya," pungkasnya.

(mul/ega)