Dentuman Juga Terdengar di Bondowoso, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Chuk Shatu W - detikNews
Sabtu, 05 Jun 2021 01:45 WIB
ilustrasi telinga
Ilustrasi (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Bondowoso -

Sebuah dentuman keras terdengar di daerah Prajekan, Bondowoso, dan sekitarnya. Akibatnya, warga berhamburan keluar rumah untuk mencari tahu sumber dentuman.

"Pas saya santai sekitar pukul 20.00, mendadak ada dentuman. Wong anak saya saja sampai lari ketakutan," kata seorang warga Prajekan, Ayu, saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/6/2021).

Ayu serta warga lainnya sempat keluar rumah. Namun, Ayu tidak bisa memastikan sumber dentuman.

"Lumayan keras sih. Para tetangga juga pada berhamburan keluar. Kaca-kaca juga sedikit bergetar," imbuh Ayu.

Selain itu, suara dentuman juga terdengar di Sumberwringin, Sukosari, Tapen, serta sejumlah wilayah lain.

Diketahui, suara dentuman dan kilatan cahaya juga ramai diperbincangkan di media sosial. Dentuman serta kilatan cahaya, pertama kali terdengar di sekitar Gunung Raung, Banyuwangi.

Kilatan cahaya tersebut tertangkap kamera CCTV Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung. Kilatan cahaya tersebut terekam pada Jumat (4/6/2021) sekitar pukul 19.51 WIB.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo membenarkan adanya kilatan cahaya di atas Gunung Raung. "Memang benar ada kilatan di atas Gunung Raung. Itu terekam dalam CCTV kami," ujarnya kepada detikcom, Sabtu (5/6/2021).

Di saat yang bersamaan, beredar sebuah flyer informasi mengenai latihan tempur TNI AD di media sosial. Netizen menduga kilatan cahaya adalah rudal latihan tempur TNI.

"Hari Senin, 31 Mei 2021 s/d Minggu 06 Juni 2021 (selama 7 hari) ada larutan menembak rudal TNI-AD di perairan Pandanwangi - Lumajang. Nelayan dilarang melaut di perairan tersebut (penembakan siang dan malam hari). Awas!!! Ojok lali!!! Jek kalopaen!!!" berikut keterangan foto yang beredar.

Tonton juga Video: LAPAN Duga Dentuman Buleleng Bali Berasal dari Meteor Jatuh

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)