Video 20Detik

Detik-detik Penyelamatan Kapal Nelayan yang Nyaris Tenggelam di Medan

dtv - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 14:24 WIB
Medan -

Sebuah kapal nelayan nyaris tenggelam di Perairan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Beruntung, para nelayan bisa diselamatkan oleh Kapal Negara (KN) Pulau Nipah-321 Bakamla RI yang saat itu sedang melintas.

Peritiwa yang dialami kapal yang membawa 4 nelayan ini terjadi saat hendak ke daratan sekitar pukul 20.00 WIB, Kamis (4/6/2021). Kapal tersebut berlayar dari Belawan dan telah melaut selama dua hari.

Menurut pengakuan para nelayan, kapal mengalami mati mesin. Situasi itu kemudian diperparah dengan cuaca buruk di lokasi perairan.

"Saat perjalanan pulang, sekitar pukul 20.00 WIB (2/6) kapal mengalami mati mesin dan diterpa cuaca buruk. Kapal pun mengalami kebocoran kecil yang mengakibatkan kapal mulai tenggelam" ungkap salah satu nelayan.

Kapal nelayan itu sudah terapung selama 11 jam, sebelum dievakuasi oleh KN Pulau Nipah-321 Bakamla RI. Petugas juga menyelamatkan satu nelayan yang berusaha berenang mencari pertolongan ke kapal terdekat.

" Dikarenakan panik, sebelumnya terdapat 1 orang nelayan yang berusaha berenang untuk mencari pertolongan ke kapal terdekat lainnya" tambahnya.

Seluruh nelayan akhirnya bisa diselamatkan. Proses evakuasi menggunakan Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB).

(gra/gra)