Diduga Desersi, Oknum Brimob Ditangkap di Bandara Timika

Saiman - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 12:07 WIB
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata (Saiman/detikcom)
Timika -

Seorang anggota Brimob, Brigadir AY, desersi alias kabur dari tempat tugas di Base Camp Mile 39 objek vital Freeport. Oknum Brimob tersebut diamankan di Bandara Lama Mozes Kilangin, Timika, Papua.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan personel Satgas Amole itu dilaporkan meninggalkan basecamp Mile 39 sejak Rabu (2/6). Upaya pencarian pun dilakukan.

Brigadir AY diamankan pada Jumat (4/6) sekitar pukul 11.30 WIT di Bandara Lama Mozes Kilangin. Diduga Brigadir AY hendak keluar dari Timika untuk menuju Makassar dan Jakarta.

"Sekira pukul 11.25 WIT, Kapolsek Bandara Mimika mendapat informasi dari pegawai maskapai Sriwijaya bahwa ada anggota yang dicari-cari akan melakukan check-in dengan pesawat Sriwijaya tujuan Makassar dan Jakarta," kata Era dalam keterangannya.

"Setelah mendapat informasi tersebut, Kapolsek bersama anggota Polsek Kawasan Bandara menuju ruang check-in, selanjutnya membawa anggota tersebut untuk diamankan di Polsek Kawasan Bandara," tambahnya.

Era menambahkan, setelah diamankan, selanjutnya anggota tersebut dijemput oleh Kasatgas Amole untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.

Belum diketahui motif Brigadir AY meninggalkan tempat dinasnya di basecamp Mile 39 objek vital Freeport.

Tonton juga Video: Batalion Yonif 315/ Garuda Diberangkatkan ke Papua

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)