Anies Minta Pemotor Hormati Pesepeda: Naik Sepeda Lebih Berisiko Lho

Tiara Aliya - detikNews
Jumat, 04 Jun 2021 11:43 WIB
Anies bike to home dari Balai Kota DKI (Foto: Instagram Anies)
Foto: Anies bike to home dari Balai Kota DKI (Foto: Instagram Anies)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pengguna jalan saling menghormati. Termasuk pemakai kendaraan bermotor perlu menghormati pesepeda yang tertib di jalan.

"Saya berharap kepada semua ikuti, bila anda bersepeda, di situ ada jalur sepeda gunakan jalur itu. Bila anda bermotor lihat yang naik sepeda, pahami bahwa ini lebih berisiko loh baik sepeda dibanding naik motor, hormati dia. Begitu juga kendaraan besar lainnya," kata Anies Baswedan dalam acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2021 di Kementerian Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat, Jumat (4/6/2021).

Eks Mendikbud itu menyadari saat ini warga harus berbagi jalur dengan pesepeda saat melintasi jalanan protokol Ibu Kota. Dia berharap warga mulai terbiasa dengan hal ini.

"Sekarang kita mulai membiasakan karena itu fase ini pembelajaran. Bagi semua pengendara kendaraan, apakah bermotor atau tak bermotor hormati satu sama lain. Jangan sekedar melihat jalurnya saja, tapi pikirkan keselamatan," jelasnya.

Anies juga menilai pemberian sanksi bagi pelanggar lalu lintas bukanlah hal utama. Sekali lagi, Anies meminta agar sesama pengendara bisa menghormati satzu sama lain.

"Semua yang berangkat naik kendaraan ingin sampai ke tujuan dengan selamat. Jadi ini bukan sekedar soal aturan, biasanya ditanya nanti tilangnya berapa, tilangnya kapan, lalu di lokasi mana, kita tidak seremeh itu. Itu soal yang lebih besar, soal bagaimana kita membiasakan menghormati satu sama lain apapun aturannya. Jadi ini fase pembelajaran," tegasnya.

Sebelumnya, Anies berencana menambah panjang lintasan jalur sepeda di Ibu Kota. Dia menargetkan pada akhir 2021 Jakarta memiliki jalur sepeda sepanjang 170 km.

"Adapun jalur sepeda total saat ini ada 63 km, lalu tambahan tahun ini ada 101 km. Jadi harapannya nanti akhir tahun kita punya lebih dari 170 km jalur sepeda," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (3/6).

Eks Mendikbud itu mengatakan penambahan jalur ini demi mengakomodasi minat warga untuk bersepeda, khususnya menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi saat berangkat kerja.

"Jadi kami tambahkan jalur sepeda yang dibangun di Jakarta tujuannya memfasilitasi warga untuk bisa menggunakan kendaraan sepeda secara aman," jelasnya.

Simak juga video 'Keluar Jalur Khusus Sepeda Bakal Didenda Rp 100 Ribu, Apa Kata Pesepeda?':

[Gambas:Video 20detik]



(tor/tor)