Charoen Pokphand Bangun Ini di UNS untuk Budi Daya Ayam Modern

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 22:57 WIB
Charoen Pokphand
Foto: Charoen Pokphand
Jakarta -

PT. Charoen Pokphand Indonesia. Tbk (CPI) meletakkan batu pertama pembangunan Teaching Farm Closed House di Desa Jatikuwung Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar hari ini.

Adapun pembangunan ini merupakan program CSR berupa hibah kandang Close House kepada Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Program ini juga bertujuan mendukung program pemerintah dalam membangun sinergi antara dunia industri dengan perguruan tinggi sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Sekretaris Jenderal Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) Andi Magdalena Siadari berharap hadirnya Closed House nantinya dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa segala jurusan.

"Berharap tidak hanya jurusan peternakan yang memanfaatkan Closed House ini, di Closed House terdapat berbagai macam ilmu yang dapat dipelajari, ilmu ekonomi, teknik sipil, kelistrikan dll, dan mempersilahkan agar seluruh fakultas dapat terlibat di dalam kegiatan Closed House ini, dan kami dari Charoen Pokphand siap mendampingi, karena kami memiliki tenaga profesional-profesional di bidangnya, diharapkan dengan self funding fakultas peternakan khususnya prodi peternakan dapat berbuat banyak dari hasil pemeliharaan kandang tersebut," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (3/6/2021).

Sebelumnya, kerja sama tersebut telah ditandatangani sejak tahun 2019, oleh Regional Head CPFI Hartono Ludy dan Dekan Fakultas Pertanian UNS Samanhudi. Namun, pembangunannya baru terealisasi pada tahun 2021 lantaran pandemi COVID-19.

Selain pembangunan kandang ayam, Andi menyampaikan program Teaching Farm juga memberikan bantuan berupa peralatannya kepada Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam pelaksanaannya, tim professional CPI juga akan mendampingi mahasiswa lewat pelatihan hingga pengetahuan teknis tentang budi daya ayam modern.

Teaching Farm tersebut juga akan digunakan sebagai sarana penelitian, pengembangan praktik budidaya ayam dan media aplikasi ilmu pengetahuan serta sebagai gambaran miniatur dunia usaha.

Selain Teaching Farm, CPF melalui CPFI juga telah memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa Fakultas Pertanian UNS yang telah dimulai sejak tahun 2018.

Di sisi lain, Rektor UNS Jamal Wiwoho yang juga ikut meletakkan batu pertama pembangunan Teaching Farm Closed House berharap dengan hibah ini mahasiswa akan lebih meningkat kemampuannya dan kualitas SDM lulusannya menjadi lebih unggul dan kompetitif.

Dengan adanya hibah kandang ayam Closed House ini, Fakultas Pertanian khususnya jurusan Peternakan UNS kini memasuki fase teknologi yang lebih tinggi. Adapun teknologi peternakan ayam broiler (ayam pedaging) saat ini telah masuk pada manajemen level teknologi tinggi.

"Dengan pembangunan Closed House dari Charoen Pokphand ini diharapkan prodi peternakan akan mampu memainkan perannya dengan baik, goal-nya hasil dari penelitian dapat dirasakan oleh masyarakat umum, diharap masyarakat mengetahui bahwa ayam broiler hebat itu berasal dari prodi peternakan UNS," pungkasnya.

(mul/ega)