Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Buka Penerbangan Internasional

Khoirul Anam - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 10:17 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad minta pemerintah pusat segera membuka penerbangan internasional sehingga ekonomi bisa bergerak dan pulih lagi seperti sedia kala. Ini tak lepas dari apresiasinya terhadap kinerja Pemprov Bali dalam menangani pandemi COVID-19.

Fadel mengatakan Pemprov Bali telah menerapkan kebijakan protokol kesehatan yang ketat hingga melaksanakan program vaksinasi secara teratur. Menurutnya, walaupun belum seratus persen mampu menghilangkan pandemi, semua upaya yang dilakukan Pemprov Bali mampu memberikan harapan buat masyarakat Bali yang sedang terpuruk.

"Saya pribadi sangat kagum dengan semangat Gubernur Bali dan jajarannya di masa sulit ini. Dengan segala daya upaya berusaha menghambat penyebaran pandemi di daerahnya sekaligus memperbaiki perekonomian Bali yang luar biasa hancur terkena imbas pandemi," kata Fadel dalam keterangannya, Kamis (3/6/2021).

"Saat bertemu dengan Gubernur, saya melihat optimisme beliau sangat tinggi jika Bali mampu membuka diri kembali sebagai destinasi wisata domestik dan mancanegara seperti saat sebelum pandemi datang," imbuh dia.

Mantan Gubernur Gorontalo dua periode ini mengungkapkan ada contoh beberapa negara seperti Singapura, Dubai, dan Rusia yang berhasil memperbaiki perekonomiannya sekaligus menurunkan perluasan penyebaran pandemi dengan berani membuka diri setelah melakukan berbagai program protokol kesehatan dan vaksinasi secara disiplin.

"Keberhasilan negara-negara tersebut bisa dijadikan motivasi bahwa disiplin kesehatan secara ketat menjadi solusi keluar dari kungkungan pandemi dan memulihkan perekonomian," katanya.

Di sisi lain, Gubernur Bali I Wayan Koster mengharapkan rencana percepatan vaksinasi untuk 70 persen masyarakat Bali sampai bulan Juli 2021. Dia mengungkapkan bahwa Bali membutuhkan kerja sama pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan untuk membantu kebutuhan sekitar total 6 juta dosis vaksin.

"Kami sangat berharap Bapak Fadel Muhammad membantu mendorong hal tersebut kepada pemerintah. Kalau program tersebut berhasil dilaksanakan sesuai jadwal, saya yakin Bali akan menjadi zona hijau sehingga aman dan nyaman untuk wisatawan untuk berlibur di Bali," kata dia.

Lebih lanjut, I Wayan Koster mengatakan, masa pandemi sangat memukul perekonomian masyarakat Bali yang sangat bergantung kepada kunjungan wisatawan. Dia menyebut, pertumbuhan ekonomi Bali selama kuartal I tahun 2021 sampai mengalami kontraksi minus 9,8 persen.

"Melihat pertumbuhan yang seperti itu, tidak ada jalan lain bagi kami, Bali harus segera dibuka. Kami sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari bahkan kami sudah siap sejak September tahun 2020 lalu, dengan melakukan disiplin kesehatan tanpa kecuali dan pemberian vaksinasi kepada masyarakat Bali," papar I Wayan Koster.

(prf/ega)