Top 5 News

Nasib Haji 2021 Diumumkan Besok & Heboh Aktor Suara Hati Istri Zahra

Nurcholis Maarif - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 21:02 WIB
Top 5 News Yamaha 2 Juni 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan secara resmi nasib ibadah Haji 2021. Pengumuman itu akan disampaikan esok hari.

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto datang ke gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, untuk mengikuti rapat dengan Komisi I. Prabowo berjanji bakal blak-blakan soal modernisasi alutsista yang nilainya mencapai Rp 1,7 kuadriliun

Selain dua berita di atas, ada beberapa berita lainnya yang menjadi perbincangan hangat hari ini. Berikut Top 5 News edisi Rabu (2/6/2021).

1. Kemenag Umumkan Nasib Ibadah Haji 2021 Besok

Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan secara resmi nasib ibadah Haji 2021. Pengumuman itu akan disampaikan esok hari.

"Bersama seluruh anggota Komisi VIII tadi sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah mulai A sampai Z," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, usai rapat tertutup di kompleks gedung MPR/DRP, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

"Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu. Insyaallah besok siang akan kami umumkan secara resmi di kantor Kemenag di Thamrin," sambungnya.

Artikel selengkapnya: Kemenag Umumkan Nasib Ibadah Haji 2021 Besok

2. Rapat DPR-Prabowo Bahas Anggaran Belanja Alutsista Tertutup

Komisi I DPR RI melakukan rapat kerja dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membahas anggaran belanja alutsista. Rapat dilakukan secara tertutup

"Kita sepakati dulu mengenai sifat rapat dan kami tadi dari pimpinan sudah rembukan berhubung ini tentu terkait dengan rapat anggaran membahas di antaranya alutsista yang akan direncanakan pembeliannya dan juga sistem pertahanan negara," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid saat membuka rapat di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Selain oleh Prabowo, rapat dihadiri Wamenhan M Herindra, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Artikel selengkapnya: Rapat DPR-Prabowo Bahas Anggaran Belanja Alutsista Tertutup

3. Viral Bupati Alor NTT Singgung Bantuan PKH Risma-Marahi Staf Kemensos

Viral di media sosial video Bupati Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Amon Djobo memarahi pegawai Kementerian Sosial (Kemensos). Tak hanya itu, dalam video viral, Amon menyindir Mensos Tri Rismaharini soal bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Dalam video viral berdurasi 3 menit 9 detik, tampak Amon duduk sambil memarahi 2 petugas Kemensos yang berada di samping kirinya. Amon mengatakan seharusnya pembagian bantuan PKH harus melewati pemda dan bukan dibagikan oleh legislatif atau DPRD setempat.

"Jangan pakai politik yang seperti itu, dia (Risma) tidak tahu proses bantuan pola penanganan, teknis penanganan bantuan ini sampai di bawah. Mulutnya lebih cepat dari pikiran, pejabat apa model begitu, Menteri model apa model begitu," kata Amon dalam video tersebut.

Artikel selengkapnya: Bupati Alor NTT Singgung Bantuan PKH Risma

4. Ancelotti Resmi Balik ke Real Madrid

Madrid mengumumkan Ancelotti sebagai pelatih anyar mereka pada Rabu (2/6/2020) dini hari WIB. Don Carlo mengisi posisi yang ditinggalkan Zinedine Zidane yang mengundurkan diri.

Pria asal Italia ini diikat kontrak selama tiga musim oleh El Real. Carlo Ancelotti menjadi pelatih Madrid usai meletakkan jabatannya sebagai manajer Everton.

"Real Madrid FC mengumumkan bahwa Carlo Ancelotti akan menjadi pelatih baru tim utama untuk tiga musim mendatang" bunyi pernyataan di situs Real Madrid.

Artikel selengkapnya: Ancelotti Resmi Balik ke Real Madrid

5. Indosiar Akan Ganti Artis Usia 15 Tahun di Sinetron Suara Hati Zahra

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah meminta keterangan pihak Indosiar terkait sinetron Suara Hati Istri Zahra yang ramai dibicarakan di media sosial. KPI menyatakan Indosiar akan segera mengganti pemeran berusia 15 tahun yang berperan sebagai istri ketiga.

"Indosiar menerima semua masukan dan akan segera mengganti pemeran dalam 3 episode mendatang pada sinetron tersebut," ujar Wakil Ketua KPI Mulyo Hadi Purnomo, kepada wartawan, Rabu (6/2/2021).

Pemeran yang diganti itu yakni Lea Ciarachel (15). Kemudian Indosiar, kata Mulyo, akan lebih memperhatikan terkait usia para pemeran sinetron.

Artikel selengkapnya: Indosiar Akan Ganti Artis Usia 15 Tahun di Sinetron Suara Hati Zahra

(fhs/ega)