Dewan Pengarah BRIN Megawati Ingin RI-Rusia Pererat Urusan Riset

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 18:24 WIB
Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)
Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)
Jakarta -

Ketua Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) ex officio Megawati Soekarnoputri menitipkan pesan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin terkait urusan riset.

Megawati menitipkan pesan tersebut usai menerima anugerah Bintang Persahabatan dari Putin dalam acara yang disiarkan YouTube PDI Perjuangan, Rabu (2/6/2021). Megawati mulanya mengungkit sederet upaya mempererat hubungan bilateral RI dan Rusia. Acara ini dihadiri Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva.

"Banyak hal yang telah kami dapat lakukan dengan membuat hubungan bilateral kita semakin erat. Dan saya tentunya yang sangat merasa, sangat terhormat dan tidak akan lupa karena pada waktu itu saya diberikan kesempatan oleh Presiden Putin untuk dapat membeli alutsista dari Rusia untuk Indonesia. Menurut saya itu adalah salah satu tonggak realisasi hubungan persahabatan Indonesia dan Rusia," kata Megawati.

Megawati menyebut sudah menyampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) soal ruang angkasa dan hubungan negara ini dengan Rusia. Megawati lalu menceritakan pembentukan BRIN oleh Jokowi beberapa waktu lalu.

"Tentunya seperti yang telah saya ceritakan tadi, maka salah satu, dan hal ini telah saya sampaikan juga kepada Presiden Jokowi. Hal-hal yang berhubungan dengan ruang angkasa itu seharusnya terus kita proses antara Rusia dengan Indonesia," ujar Megawati.

"Ada hal yang perlu disampaikan kepada Presiden Putin karena belum lama ini, 2 bulan yang lalu, Presiden Jokowi telah membuat keputusan untuk membuat badan baru yang diberi nama Badan Riset dan Inovasi Nasional. Dan saya ditugasi oleh presiden untuk menjadi juga ketua dewan pengarah ex officio dari badan baru ini. Dan saya telah juga mengatakan kepada Presiden Jokowi untuk suatu saat nanti kita bisa lebih mempererat seperti tadi yang saya katakan dalam hubungan-hubungan riset juga dengan negara Rusia," katanya.

Karena pandemi COVID-19, Megawati tidak bisa menerima langsung bintang kehormatan di Rusia. Tetapi, kata Megawati, mungkin suatu saat setelah pandemi selesai dirinya akan berkunjung ke Rusia untuk mengucapkan terima kasih kepada Presiden Putin.

(gbr/zak)