Begini Kondisi 5 Korban Ledakan di Restoran Korea Makassar

Reinhard Soplantila - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 18:24 WIB
Lima orang karyawan restoran makanan Korea yang menjadi korban ledakan diduga dari tabung gas di kota Makassar, Sulsel, dirawat di RS (Reinhard S/detikcom)
Lima orang karyawan restoran makanan Korea yang menjadi korban ledakan diduga dari tabung gas di kota Makassar, Sulsel, dirawat di RS. (Reinhard S/detikcom)
Makassar -

Lima karyawan restoran makanan Korea menjadi korban ledakan diduga dari tabung gas di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kelima korban dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) Grestelina Makassar.

"Jadi tadi ada korban lima orang, luka bakarnya semuanya di atas 20 persen," ujar dokter umum RS Grestelina Makassar, dr Daniel, Rabu (2/6/2021).

Meski mengalami luka bakar di atas 20 persen, para pasien disebut masih dalam keadaan stabil. Pihak RS akan memberikan penanganan dengan menyediakan dokter spesialis bedah plastik bagi para korban.

"Kondisi pasien sekarang sementara stabil, kita selalu berikan penanganannya. Sekarang tinggal menunggu dokter spesialis, dokter spesialisnya dari bedah plastik untuk dilakukan tindakan lebih lanjut," kata dr. Daniel.

Dia melanjutkan luka bakar yang dialami para korban pada umumnya terjadi di bagian wajah, lengan, hingga kaki. Luka bakar yang dialami korban diduga disebabkan ledakan tabung gas di restoran tersebut.

Pihak kedokteran RS Grestelina Makassar telah berdiskusi dan rencananya para korban akan menjalani operasi terkait luka bakar yang dialaminya.

Ledakan diduga berasal dari tabung gas di restoran Korea, Makassar, SulselLedakan diduga berasal dari tabung gas di restoran Korea, Makassar, Sulsel. (Reinhard Soplantila/detikcom)

"Tadi sudah konsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik, dokternya minta memang harus dibersihkan, dioperasi, dirawat lukanya nanti diberikan tindakan lebih lanjut lagi," ungkap dr Daniel.

"Info terakhir karena terkena ledakan tabung gas," imbuhnya.

Kejadian Ledakan di Resto

Diberitakan sebelumnya, ledakan diduga berasal dari tabung gas terjadi di sebuah restoran Korea, Jalan Pengayoman, Makassar, Sulsel. Sebanyak 5 karyawan restoran itu dilarikan ke RS karena luka-luka akibat insiden ini.

"Jadi ada ledakan gas di Rumah Makan Sogogi. Ada korban lima orang, saat ini sementara dirawat di rumah sakit," ujar Bhabinkamtibmas Polsek Panakukkang Bripka Rais.

Ledakan di restoran Korea itu terjadi sekitar pukul 10.00 Wita saat para pegawai bersiap-siap bekerja di dapur. Selain menyebabkan korban luka, beberapa ruangan di restoran Korea ini rusak. Kaca di area makan pecah.

Petugas damkar Makassar memadamkan api dan mengevakuasi sejumlah tabung gas di dalam restoran.

(jbr/jbr)