Penerbit Erlangga Rilis Buku Pengantar Bahasa Prancis buat Siswa SMK

Content Promotion - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 16:22 WIB
Penerbit Erlangga
Foto: Penerbit Erlangga
Jakarta -

Penerbit Erlangga meluncurkan Buku Pengantar Bahasa Prancis bagi SMK/MAK "S'il Vous Plaît" untuk membantu peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam belajar bahasa Prancis. Buku tersebut ditulis oleh Ria Ismayani, Coline Carretier, dan Ersy Veronita.

Selain untuk mata pelajaran Muatan Nasional jenjang SMK/MAK, buku ini cocok digunakan bagi pemula yang ingin belajar komunikasi sehari-hari dan komunikasi dasar di dunia kerja.

Adapun acara peluncuran "S'il Vous Plaît" dilaksanakan pada Kamis, (3/6), pukul 15.00-16.00 WIB. Acara disiarkan langsung melalui kanal Youtube Institut Francais d'Indonesie (IFI) dan disiarkan di kanal Youtube Erlangga Inspirasi Channel.

Manajer Marketing Penerbit Erlangga, Irving William P.W. mengungkapkan, "S'il Vous Plaît" dirancang oleh tiga guru bahasa Prancis berpengalaman, disusun sesuai kurikulum 2013 Revisi 2018 yang memungkinkan pengguna mencapai level A1, juga untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian internasional bahasa Prancis, DELF A1 tingkat sekolah menengah. Selain itu, buku ini disusun secara integrasi dan mencangkup empat kecakapan berbahasa yaitu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara.

Disebutkan, muatan "S'il Vous Plaît" lebih interaktif. Di dalamnya terdapat audio yang dapat diakses dengan QR code dan dilengkapi dialog dan dokumen terkait situasi profesional kemampuan bahasa Prancis diperlukan bahkan pada tingkat dasar. Terdapat tiga tema utama dalam buku ini, yaitu wisata, kuliner, dan mode.

"Buku ini sangat terjamin mutunya karena sudah mendapat rekomendasi penggunaannya bagi guru dan siswa-siswi SMK/MAK dari Institut Prancis Indonesia. Tentu saja, harapan kami dengan adanya 'S'il Vous Plaît', kualitas bahasa Prancis guru dan peserta didik SMK/MAK semakin bagus," ungkapnya dalam keterangan resmi, Rabu, (2/6/2021).

Sementara itu, Ria Ismayani mengungkapkan, ketertarikannya menyusun "S'il Vous Plaît" karena melihat belum tersedianya buku ajar bahasa Prancis untuk tingkat SMK/MAK.

"Ketika saya mengikuti beberapa seminar nasional, saya melihat guru-guru juga kesulitan menemukan bahan ajar yang sesuai dengan level SMA/SMK. Saya sendiri pun mengalami kesulitan itu, ketika saya sempat mengajar di salah satu SMK negeri di Jakarta, akhirnya saya coba susun," ujarnya.

Ria berharap buku ini dapat membantu para guru untuk mengajar bahasa Prancis di tingkat sekolah menengah dan dapat memotivasi siswanya agar bisa melihat dunia lebih luas, dengan mempelajari bahasa asing

"Bisa jadi ini adalah jalan mimpi anak-anak kita. Seperti saya, saya menemukan mimpi saya ketika saya mempelajari bahasa Prancis pertama kali di SMA, dan itu membawa saya sampai di posisi saat ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, "S'il Vous Plaît" dapat dibeli melalui toko buku terdekat, bukusekolahku.com, dan bagi guru yang menyaksikan siaran langsung peluncuran "S'il Vous Plaît" berkesempatan untuk mengikuti webinar tata cara penggunaan bukunya, serta akan dibagikan 100 eksemplar "S'il Vous Plaît" secara gratis dari IFI.

(ads/ads)