Ini Alasan Polisi Tangguhkan Penahanan 'Ustaz Gondrong'

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 16:21 WIB
Herman alias Hermawan alias Ustaz Gondrong tersangka penipuan penggandaan uang.
Herman alias Hermawan alias 'Ustaz Gondrong' tersangka penipuan penggandaan uang. (Mei Amelia/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengabukan permohonan penangguhan penahanan Hermawan alias 'Ustaz Gondrong', tersangka dugaan penipuan penggandaan uang. Polisi menangguhkan penahanan 'Ustaz Gondrong' karena kondisinya sedang sakit.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi AKBP Andi Odang menjelaskan Hermawan mengalami sakit-sakitan selama ditahan. Keluarga Hermawan kemudian mengajukan permohonan penangguhan penahanan.

"Jadi Pak Hermawan ini sering batuk-batuk di dalam, yang bersangkutan sering batuk-batuk," ujar Andi Odang saat dihubungi detikcom, Rabu (2/6/2021).

Polisi telah membawa Hermawan ke RS Mitra Keluarga. Hasil pemeriksaan, 'Ustaz Gondrong' menderita penyakit dalam.

"Kita bawa ke dokter terus dibawa ke RS Mitra Keluarga. Kita cek ternyata beliau itu ada penyakit dalam," katanya.

Atas dasar itu, penyidik mengabulkan penangguhan penahanan Hermawan.

"Nah dasar penangguhannya itu dari pengajuan keluarga, orang tua dan adiknya yang bersangkutan langsung untuk mengajukan penangguhan dia agar berobat di luar. Jadi kita setuju," ungkapnya.

Hermawan ditangguhkan penahanannya per 31 Mei 2021. Meski penahanannya ditangguhkan, Andi menegaskan proses hukum terhadap Hermawan masih berlanjut.

"Untuk kasus tetap berjalan. Jadi tidak ada kasus yang berhenti," tegasnya.

Sebelumnya, pengacara Hermawan, Ferdinand, menyampaikan penahanan kliennya ditangguhkan per 31 Mei 2021. Menurut Ferdinand, pihaknya juga telah mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka Ustaz Gondrong pada Selasa (25/5).

Sidang praperadilan pertama digelar pada Kamis (27/5). Dalam persidangan tersebut, pihak Ustaz Gondrong melampirkan Kapolres Metro Bekasi dan Kapolsek sebagai termohon satu dan dua. Pada sidang yang berlangsung pada Kamis (27/5) dua termohon tersebut kemudian tidak datang.

"Terkait praperadilan yang kita ajukan di dalam permohonan itu memang ada petitum yang kita mohon. Pertama, mengembalikan barang bukti yang disita kemudian memerdekakan si tersangka," ujar Ferdinand.

Simak video 'Saksi Mata: Terbongkarnya Trik 'Tipu-tipu' Ustaz Gondrong':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)