Penasaran Artinya Gharim? Ini Penjelasannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 15:45 WIB
Coins, rosary, Holy Quran and rice in the sack. Zakat concept. Zakat is a form of alm-giving as a religious obligation or tax. Large Arab word right method to read correctly.
Foto: Getty Images/iStockphoto/hilal abdullah/Penasaran Artinya Gharim? Ini Penjelasannya
Jakarta -

Gharim adalah orang yang berutang dan menjadi salah satu golongan penerima zakat. Pengertian gharim ada dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 60:

إِنَّمَا ٱلصَّدَقَٰتُ لِلْفُقَرَآءِ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْعَٰمِلِينَ عَلَيْهَا وَٱلْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِى ٱلرِّقَابِ وَٱلْغَٰرِمِينَ وَفِى سَبِيلِ ٱللَّهِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ ۖ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Arab latin: Innamaṣ-ṣadaqātu lil-fuqarā`i wal-masākīni wal-'āmilīna 'alaihā wal-mu`allafati qulụbuhum wa fir-riqābi wal-gārimīna wa fī sabīlillāhi wabnis-sabīl, farīḍatam minallāh, wallāhu 'alīmun ḥakīm.

Artinya: "Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana."

Dikutip dari situs Baitul Mal Aceh, golongan gharimin ditentukan berdasarkan pendapat ulama mazhab dan tafsir. Pengertian gharim adalah orang yang berutang dijelaskan kembali dengan detail.

Berikut penjelasan tentang gharim

A. Pengertian gharim adalah menurut ulama mazhab

1. Menurut Ḥanafī dan Mālikī

Gharim atau gharimin adalah orang berutang yang tidak punya harta lebih dari hutangnya. Gharim terkait dengan fakir yang merupakan syarat penerima zakat, kecuali amil zakat dan ibnu sabil. Mereka yang menerima zakat tidak boleh berutang akibat judi, alkohol, atau keperluan maksiat lainnya.

2. Menurut Syāfi'ī dan Ḥambali

Dalam mazhab ini, gharim adalah muslim yang berutang dan digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu:

a. Berutang untuk kebaikan keluarga atau kerabat

  • Orang yang berutang biasanya meminjam harta orang lain untuk menenangkan fitnah kelompok pribadi. Golongan ini dibagi lagi menjadi :
  • Muslim yang menanggung diat pembunuhan
  • Muslim yang menanggung utang untuk menghilangkan fitnah.

b. Orang yang berutang untuk kebaikan dirinya.

B. Pengertian gharim adalah menurut ulama tafsir

1. Al-Ṭabarī

Ghārimīn atau gharim adalah orang berutang yang tidak dapat membayarnya karena tidak punya harta benda. Mereka berhutang karena ditimpa musibah, misal banjir atau kebakaran, bukan karena pemborosan. Mereka juga tidak berutang karena aktivitas maksiat yang dilarang aturan agama dan sosial.

2. Al-Qurtubi

Menurut ulama ini, makna gharim adalah orang berhutang yang tidak sanggup membayarnya. Golongan ini dibagi lagi menjadi:

  • Muslim yang berutang untuk kepentingan sendiri
  • Muslim yang berutang untuk mendamaikan orang atau kelompok yang berselisih.

Dengan penjelasan ini, semoga pengertian gharim adalah tidak bikin sahabat hikmah bingung lagi ya.

(row/nwy)