SBY Kenang 2 Tahun Bu Ani Meninggal: Saya Harus Move On

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 22:38 WIB
Kemesraan SBY dan Ani Yudhoyono
SBY dan Ani Yudoyono (Foto: Instagram)
Jakarta -

Istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono telah dua tahun pergi menghadap Ilahi. SBY mengenang istrinya tersebut lewat sebuah lagu.

Lagu tersebut berjudul 'pusaran cinta'. Lagu itu diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono.

Dalam unggahan itu, SBY menuliskan keterangan masa-masa kehidupannya selepas ditinggal pergi oleh Ibu Ani. SBY mengaku, hari-harinya tak lagi sama setelah Ibu Ani tiada.

"Pusara Cinta. Hari ini, 1 Juni 2021, adalah hari yang tak mungkin berlalu begitu saja dalam perjalanan hidup saya. Tepat 2 tahun yang lalu, sebagaimana para sahabat ketahui, istri tercinta berpulang ke Rahmatullah. Sejak saat itu, hari-hari saya dan bahkan hidup saya tak pernah sama lagi. Saya dan keluarga sungguh sangat kehilangan dan juga merasakan kesedihan yang dalam," tulis SBY seperti dilihat detikcom, Selasa (1/6/2021).

Meski demikian, SBY mengaku terus berusaha agar hidupnya tak lagi dirundung kesedihan. SBY mendorong dirinya agar bisa move on.

"Sebagai seorang yang beriman saya amat tahu untuk tetap tawakal dan menerima takdir Allah ini. Meskipun, jujur, saya harus akui bahwa saya memerlukan waktu lebih lama lagi untuk melakukan "healing process". Saya harus mengisi hidup saya, di samping beribadah dan mencari hikmah, dengan berbagai aktivitas pribadi. Saya harus benar-benar "move on". Saya yakin itu pula yang diinginkan oleh istri tercinta," katanya.

"Alhamdulillah, banyak kegiatan yang saya lakukan sehari-hari (tentu bukan kegiatan politik praktis). Salah satu di antaranya adalah mencipta lagu dan menyanyi, kegiatan yang saya geluti sejak saya masih remaja. Hari ini, setelah kami, keluarga dan sejumlah sahabat berdoa dan berzikir berkaitan hari berpulangnya istri tercinta, dengan segala kerendahan hati, saya ingin menghadirkan sebuah tembang lawas yang lirik dan nadanya selalu terngiang ketika hampir setiap minggu saya dan keluarga berziarah ke makan istri tercinta. Dulu, di medio tahun 1960-an, saya sering menyanyikan lagu ini bersama teman-teman Band SMA Pacitan. Lagu ini tiada lain adalah Pusara Cinta," sambungnya.

SBY pun memohon doa kepada masyarakat untuk mendoakan almarhumah Ani Yudhoyono. Dia berdoa agar Bu Ani tenang di sisi Allah SWT.

"Lagu indah ini dulu kerap dinyanyikan oleh Rachmat Kartolo, penyanyi legendaris yang dicintai publik pada masanya. Semoga lagu manis ini bisa membuat para sahabat Ani Yudhoyono mengenangnya kembali. Saya mohon doa para sahabat, dan semoga kiranya almarhumah istirahat dengan tenang dan bahagia di sisi Allah SWT. SBY," ujarnya.

Diketahui, Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6/2019). Ibu Ani meninggal dunia di National University Hospital, Singapura, pukul 11.50 waktu setempat.

(man/isa)