Diramaikan Artis, PAN Galang Dana Rp 3,7 M untuk Palestina

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 17:44 WIB
PAN galang dana untuk Palestina
PAN menggalang dana untuk Palestina (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Komunitas Artis-Artis Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar acara penggalangan dana donasi untuk Palestina. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan penggalangan bantuan ini dilakukan sebagai amanah konstitusi.

"Kita memberikan dukungan, doa, sekaligus bentuk konkret donasi. Ini perintah konstitusi, bukan soal agama. Konstitusi mengatakan kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Oleh karena itu, penjajahan di atas bumi harus dihapuskan karena tidak sesuai peri kemanusiaan dan keadilan," kata Zulhas di Pusdaloka, Nusantara IV, kompleks gedung DPR RI, Selasa (1/6/2021).

Dalam acara tersebut, turut berlangsung peluncuran lagu 'Pasti Ada Harapan' yang dinyanyikan Pasha 'Ungu'. PAN juga mengumpulkan donasi untuk Palestina, yang telah terkumpul sebanyak Rp 3,7 miliar dalam 2 jam.

"Tadi sampai sore ini sudah terkumpul Rp 3,7 M. Mudah-mudahan kabupaten-kabupaten, kami kan ada 1.800-an anggota kabupaten kan, perlu waktu menanyakan dan sesuai kemampuan. Tapi yang terdata tadi Rp 3,7 M," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Zulhas juga menyinggung adanya pihak-pihak yang justru sibuk mencegah orang lain berbuat baik. Wakil Ketua MPR RI itu menyebut ada pihak-pihak cenderung mencegah perbuatan baik.

"Hari ini artis-artis PAN menyelenggarakan penggalangan dana kemanusiaan untuk Palestina. Saudara-saudara, ada yang nyinyir, biasa. Kitab suci mana pun mengatakan, ada tipe manusia yang bakhil, yang tidak mau berbagi, bahkan menghalangi orang berbagi. Itulah sejelek-jeleknya manusia. Sudah pelit, bakhil, tidak membantu, tetapi menghalangi orang-orang untuk berbagi, itu tipe-tipe manusia yang paling jelek," ujarnya.

Dalam acara tersebut, turut hadir sejumlah pimpinan PAN, antara lain Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, anggota Komisi IX yang juga Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay, anggota Komisi V DPR A Bakri HM, Ketua DPP PAN Mumtaz Rais, dan lainnya.

(run/gbr)