Melihat Progres Pembangunan Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 15:44 WIB
Progres pembangunan terowongan silaturahmi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral
Progres pembangunan Terowongan Silaturahmi (Foto: dok. Kemen PUPR)
Jakarta -

Terowongan Silaturahmi antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta Pusat, direncanakan selesai pada Agustus 2021. Saat ini proses pembangunan masih berlangsung.

"Saat ini progres fisiknya telah mencapai 61 persen dan ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2021," ungkap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui akun Twitternya @KemenPU dilihat detikcom pada Selasa (1/6/2021).

Terowongan tersebut rencananya akan dibangun dengan tunnel sepanjang 28,3 meter dengan tinggi 3 meter dan lebar 4,1 meter. Dibangun di bawah jalan raya agar lebih memperhatikan faktor keselamatan jemaah masjid dan jemaat gereja.

"Desain berupa bawah tanah dipilih dengan pertimbangan faktor keamanan dan faktor keselamatan," tulis akun Twitter @KemenPU.

Lebih lanjut, akses masuk juga nantinya akan dibangun dengan arsitektur modern bermaterial transparan. Sedangkan interiornya akan menggunakan material marmer yang dilengkapi dengan railing stainless sebagai simbol jabat tangan.

"Sehingga kecantikan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral tidak terhalang," dalam cuitan akun Twitter @KemenPU.

Selain menjadi ikon toleransi antarumat beragama, terowongan ini difungsikan untuk memudahkan akses jemaah antar-rumah ibadah dan memenuhi kebutuhan ruang parkir tanpa mengganggu arus lalu lintas.

(lir/lir)