KNKT Mulai Investigasi Penyebab KM Karya Indah Terbakar

Antara News - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 10:26 WIB
KM Karya Indah mengalami insiden kebakaran di tengah lautan Maluku Utara. Ada 181 orang penumpang di atas kapal tersebut (Screenshot video viral)
KM Karya Indah mengalami insiden kebakaran di tengah lautan Maluku Utara. Ada 181 orang penumpang di atas kapal tersebut (Screenshot video viral)
Jakarta -

Kapal Motor (KM) Karya Indah mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut) pada akhir pekan kemarin. KNKT pun turun untuk melakukan investigasi.

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara (Malut), menyebut tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Kemenhub telah tiba di Sanana, Kepulauan Sula, untuk melakukan investigasi terbakarnya KM Karya Indah rute Ternate-Sanana.

"Sesuai manifes yang diajukan ke KSOP, ada 181 penumpang dan 14 orang anak buah kapal (ABK). Jumlah tersebut laporan dari nakhoda sebelum kita keluarkan surat persetujuan berlayar (SPB) dan ini telah saya laporkan ke Dirjen," ujar Kepala KSOP Ternate Affan Tabona seperti dikutip dari Antara, Selasa (1/6/2021).

Terkait dengan perbedaan jumlah penumpang KM Karya Indah, Affan mengatakan KSOP Ternate berpatokan data resmi yang disampaikan nakhoda sebanyak 181 penumpang dan 14 ABK.

Sedangkan data Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, sesuai daftar penumpang di lapangan tercatat 283 orang. Penumpang yang selamat 282 orang dan satu orang di antaranya bernama Dedi Hidayat (43 tahun) dinyatakan hilang. Sampai saat ini masih dilakukan pencarian terhadap Dedi.

Dia mengatakan dari jumlah penumpang yang dilaporkan ke KSOP dalam rangka mendapat SPB masih normal, karena tidak melebihi 300 sesuai dengan kapasitas KM Karya Indah. Affan menuturkan, jika ada penumpang terselubung maupun di luar laporan, hal itu menjadi tanggung jawab nakhoda dan pemilik kapal atau agen.

"Dengan sistem yang baru, kita tidak lagi turun periksa satu per satu penumpang, begitu juga dengan muatan," ucapnya.

Sebelumnya, KM Karya Indah mengalami kebakaran di tengah lautan Malut. Ada 181 orang penumpang di kapal tersebut.

KM Karya Indah merupakan kapal penumpang berukuran GT 1.148 dengan kapasitas 300 orang. Pada saat kejadian, kapal sedang membawa 14 orang ABK dan 181 penumpang, yang terdiri atas 155 orang dewasa, 22 anak, dan 4 lansia.

Dalam video yang beredar, tampak seluruh penumpang mengenakan pelampung. Mereka tampak sudah berada di perairan dan ada yang masih bertahan di atas kapal. Di antara mereka bahkan ada yang terlihat melompat ke laut. Sementara itu, di kapal tersebut terlihat api menyala dan asap hitam tebal membubung.

Para penumpang dievakuasi ke Desa Waisum, tidak jauh dari lokasi kapal terbakar. Nantinya mereka akan dibawa ke Sanana.

(idn/idn)