8 Juta Bulk Vaksin COVID Sinovac Tiba di Indonesia

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 12:37 WIB
Vaksin Sinovac tahap ke-13 tiba di Indonesia
Ilustrasi vaksin tiba di Indonesia (Foto: Screenshot video)
Jakarta -

Indonesia kembali kedatangan vaksin COVID-19. Ada 8 juta dosis vaksin dari Sinovac dalam bentuk bulk yang baru saja tiba di Indonesia.

Kedatangan vaksin COVID-19 tahap ke-14 itu ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (31/5/2021). 8 Juta bulk vaksin Sinovac itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta.

Tampak vaksin itu diturunkan dari pesawat oleh sejumlah petugas. Vaksin yang berada dalam envirotainer itu selanjutnya dibawa ke tempat penyimpanan.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan Indonesia saat ini sudah mempunyai 75,9 juta vaksin COVID-19. Vaksin itu cukup digunakan untuk hampir 40 juta rakyat Indonesia.

"Seperti yang kita ketahui alhamdulillah sampai saat ini Indonesia sudah mempunyai 75,9 juta vaksin, di mana dari 75,9 juta itu kalau 1 rakyat Indonesia mempergunakan 2 dosis itu berarti cukup 37,5 juta. Alhamdulillah pemerintah dibantu rakyat semua kita sudah mendapatkan vaksinasi sebesar 26,9 juta sudah divaksin sekarang tentu ini akan kita terus kita tingkatkan," kata Erick.

Erick mengatakan vaksinasi di Indonesia sudah lebih baik dibandingkan negara-negara di ASEAN. Tapi, kata Erick, jumlah vaksinasi Indonesia masih kalah dari negara-negara besar lain.

"Kita adalah satu negara Asia Tenggara yang vaksinasinya sudah tinggi, apakah kita berpuas diri, tidak karena kalau kita lihat perbandingan kita vaksinasi dengan negara besar lain seperti China, Amerika, kita masih di bawah, nah ini yang harus kita tingkatkan," kata Erick.

Erick mengatakan vaksinasi ini membantu untuk menekan angka penularan COVID-19. Selain itu, vaksinasi juga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.

"Dengan vaksinasi justru ini membantu mencegah dari penularan, mencegah dari kematian dan yang terpenting juga untuk ekonomi sendiri kita bisa mengurangi tadi pelepasan dari pengurangan tenaga kerja supaya mempercepat ekonomi kita balik," ujar Erick,

Seperti dilansir CNBC Indonesia, Corporate Secretary PT Biofarma, Bambang Heriyanto sebelumnya mengatakan vaksin yang tiba di Indonesia pada hari ini sebanyak 8 juta dosis vaksin dalam bentuk bulk. Bahan baku vaksin tersebut akan diproduksi oleh Biofarma sebelum disuntikkan ke masyarakat.

Simak video 'WHO Dukung Negara-negara Ini Tingkatkan Produksi Vaksin COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)