Nama-nama Pendukung Jokowi yang Jadi Komisaris BUMN

Tim detikcom - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 12:02 WIB
Fadjroel Rachmad dan Abdee Slank
Fadjroel Rachmad dan Abdee Slank Foto: Instagram @fadjroelrachman
Jakarta -

Sejumlah pendukung Jokowi mendapat jabatan komisaris BUMN. Yang terakhir adalah Abdi Negara Nurdin alias Abdee yang merupakan personel band Slank juga Arya Sinulingga. Siapa saja nama lainnya?

Dirangkum detikcom, Senin (31/5/2021), ini nama-nama pendukung Joko Widodo di Pilpres yang kini menjabat komisaris BUMN. Berikut daftarnya:

1. Rizal Mallaranggeng

Politikus Partai Golkar ini menjabat Komisaris PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk pada Juni 2020. Adik Andi Malaranggeng ini tercatat pernah mendapat penugasan khusus dalam tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf.

2. Fadjroel Rachman

Juru bicara Presiden Jokowi ini juga menjabat komisaris BUMN, yaitu di PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT). Pada 2014, Fadjroel pernah menjabat tim media sosial untuk Jokowi-JK

3. Andi Gani Nena Wea

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani saat ini menjabat presiden komisaris BUMN di PT PP (Persero) Tbk (PTPP). Pada 2014, kemudian pada 25 Mei 2021, Andi kembali terpilih lagi jadi komisaris utama.

4. Lukman Edy

Lukman menjabat sebagai wakil komisaris utama merangkap komisaris independen PT Hutama Karya (Persero). Politikus PKB ini sebelumnya wakil direktur saksi Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

5. Ulin Ni'am Yusron

Ulin ditunjuk menjadi Komisaris ITDC pada Oktober 2020. Ulin dikenal sebagai pegiat media sosial. Ulin juga merupakan salah satu pendukung Jokowi.

6. Eko Sulistyo

Eko menjabat Komisaris PLN. Eko diketahui merupakan anggota tim pemenangan Pilpres Jokowi-JK pada 2014. Namanya tercatat sebagai salah satu tim relawan. Tak hanya itu, dia juga pernah menjabat Deputi IV Kantor Staf Presiden.

7. Dyah Kartika Rini

Dyah Kartika Rini adalah Komisaris Independen Jasa Raharja. Dyah Kartika Rini sebelumnya dikenal sebagai Koordinator Jokowi Advanced Social Media Volunteers alias Jasmev. Dia juga merupakan relawan Jokowi dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2012 dan Pilpres 2014.

8. Zuhairi Misrawi

Zuhairi dilantik sebagai Komisaris Independen PT Yodya Karya (Persero) pada 16 November 2020. Dia pernah tercatat sebagai anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf sebelum menjadi komisaris BUMN.

Simak video 'Eks Menristek dan Abdee Slank Jadi Petinggi Baru Telkom':

[Gambas:Video 20detik]



(hri/hri)