Nelayan Hilang di Perairan Teluk Jakarta, Tim SAR Turun Tangan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 11:38 WIB
Nelayan Hilang di Perairan Teluk Jakarta, Tim SAR Turun Tangan
Tim SAR (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Seorang nelayan berinisial MH (52) dilaporkan hilang saat tengah mencari ikan di Perairan Teluk Jakarta, Marunda, Jakarta Utara. Tim SAR bergerak melakukan pencarian.

Operasi SAR hari ini pun dilakukan. Tim SAR gabungan yang beranggotakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Ditpolair Polda Metro Jaya, Polsek Kalibaru, SAR MTA, Alfatah Rescue, Aires, dan nelayan setempat turut membantu proses pencarian.

"Pagi ini kami bersama tim SAR gabungan akan melakukan pencarian terhadap seorang nelayan yang hilang di Perairan Teluk Jakarta, semoga korban segera ditemukan," ungkap Hendra Sudirman Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR dalam keterangan tertulis, Minggu (30/5/2021).

Lebih lanjut, Hendra menjelaskan, nantinya Tim SAR gabungan akan membagi area pencarian menjadi dua.

"Di mana SRU pertama akan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan luas 2 Nm2 menggunakan RIB 03, kemudian SRU kedua akan melakukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan luas 2 Nm2 menggunakan perahu karet," jelas Hendra.

Diketahui, kejadian bermula pada Sabtu (29/5) pukul 04.00 WIB, MH sedang mencari ikan di sekitar Perairan Teluk Jakarta. Namun, hingga pukul 14.00 WIB, MH tidak ada di perahunya dan belum kembali ke rumah.

"Tiga sampai empat perahu jalan, sekitaran situ. Tiap perahunya itu sendiri-sendiri enggak tau pada masang di mana kan. Jam 8-an pagi itu masih ada yang ngelihat ayah. Terus jam 11-an itu ada yang ke rumah, tetangga. Ngasih kabar. Jam-jam setengah 12 itu sebelum zuhur," ujar seorang wanita menceritakan kronologi hilangnya nelayan dalam video yang diterima.

(knv/knv)