Pintu Air Pasar Ikan Siaga II, Warga Bantaran Sungai Diminta Waspada

Rahmat Fathan - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 20:02 WIB
Pintu Air Marina Ancol berstatus siaga 2. Petugas operator, Yustian, menyebut tingginya air kali ini disebabkan karena curah hujan tinggi.
Ilustrasi (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta -

BPBD DKI Jakarta melaporkan tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara (Jakut), mengalami kenaikan. Pintu Air Pasar Ikan berstatus Siaga II, warga bantaran sungai diminta waspada.

Sejumlah wilayah diprediksi akan mengalami dampak kenaikan air di Pintu Air Pasar Ikan. Di antaranya Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, hingga Kalibaru.

Dalam unggahan Twitter-nya di @BPBDJakarta, tinggi air mengalami kenaikan sejak pukul 15.00 WIB tadi. Saat itu, tinggi air masih angka 170 sentimeter (cm), sebelum akhirnya menyentuh di titik 203 Cm pada pukul 18.00 WIB.

"Kronologi Kenaikan #TinggiMukaAir di Pintu Air Pasar Ikan (Siaga/Siaga II) Sabtu, 29 Mei 2021, pukul 18.00 WIB," cuit Twitter BPBD DKI Jakarta seperti dilihat detikcom, Sabtu (29/5/2021).

Sementara itu, tinggi muka air di Pintu Air Angke Hulu juga mengalami kenaikan dan berstatus Siaga III atau Waspada. BPBD DKI menyampaikan tinggi air masih di angka 110 cm pada pukul 16.00 WIB, kemudian mengalami kenaikan menjadi 170 cm pada pukul 18.00 WIB.

BPBD DKI juga melaporkan beberapa wilayah yang akan terdampak. Sejumlah wilayah yang diminta melakukan antisipasi menyusul kenaikan muka air di Pintu Pos Angke Hulu yaitu Rawa Buaya, Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Kembangan Utara, Kedoya Utara, Duri Kosambi, Kapuk, dan Kedaung Kaliangke.

(rfs/rfs)