Saksi Mata Cerita Detik-detik Pesawat Latih Jatuh di Danau Cibubur

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 17:02 WIB
Depok -

Sebuah pesawat latih jatuh di Danau Buperta, kawasan Cibubur, Kota Depok. Pilot Kapten Penerbang Langgeng dan siswanya bernama Okto, yang menumpangi pesawat tersebut, selamat.

Seorang saksi mata, Alex Watimena (38), mengungkap detik-detik jatuhnya pesawat latih itu ke Danau Buperta. Dia mengaku sempat melihat pesawat itu oleh sebelum tercebur ke danau.

"(Saat kejadian) itu saya lagi mancing sama teman saya. Tiba-tiba dari arah kanan itu ada helikopter kan. Makin lama makin rendah, makin lama makin rendah terus tiba-tiba oleng ke kanan dan tercebur ke danau," ujar Alex, di sekitar Danau Buperta, Cibubur, Kota Depok, Jumat (28/5/2021).

Pesawat Oleng

Alex mengatakan pesawat tersebut mulanya terlihat sedikit oleng. Saat itu, dia hanya mengira pesawat tersebut memang berencana terbang rendah.

Namun, lanjutnya, tak lama kemudian, pesawat latih itu justru semakin merendah. Alex juga mengaku sempat melihat pesawat menukik sebelum akhirnya oleng dan jatuh ke air.

"Ya (pesawat itu) sempat oleng-oleng sedikit, ya. Memang sempat kelihatan nggak mau jatuh, kirain cuma hanya mau terbang rendah terus mau naik lagi. Tapi ternyata dia malah turun (ke danau). Gini, pokoknya dia (pesawat) dari sana, ke sini (danau) dia agak berbelok, menukik gini. Iya, pokoknya sebelum nyentuh air, dia (pesawat) miring," lanjutnya.

Saksi mata jatuhnya pesawat latih di Danau Cibubur, Alex Watimena. (Foto: Sachril/detikcom)Saksi mata jatuhnya pesawat latih di Danau Cibubur, Alex Watimena. (Sachril/detikcom)

Alex mengatakan peristiwa ini terjadi pagi tadi sekitar pukul 09.45 WIB. Saat kejadian, Alex menjelaskan kondisi sekitar danau sedang sepi. Saat itu, kata dia, hanya ada dirinya dan tiga orang lain. Aparat pun datang 1 jam kemudian usai pesawat jatuh.

Suara Pesawat Jatuh Terdengar Kencang

Alex mengungkapkan, saat jatuh dan tenggelam, mesin pesawat tersebut masih tampak menyala. Dia mengatakan suara jatuhnya pesawat itu pun terdengar kencang. Namun, dia mengungkapkan tidak ada ledakan saat pesawat itu jatuh.

"Nggak, nggak ada (api dan asap). Normal aja, terbangnya normal. Kayaknya memang lagi cari pendaratan darurat kayaknya sih. Memang lagi mencari tempat pendaratan darurat kayaknya, makanya cari yang agak tepi. Tapi (mesin pesawat) masih menyala, saat tenggelam juga mesinnya masih menyala," ujarnya.

"(Saat ke danau) paling (dengar) suara (badan pesawat) beradu air aja pas nyebur. (Iya suaranya) kencang," tambahnya.

Dua Orang Keluar dari Pesawat

Lebih lanjut, Alex mengatakan, ada dua orang yang kemudian keluar dari dalam pesawat latih itu usai terjatuh ke air. Dia mengungkapkan dua orang tersebut pun berenang sendiri ke pinggir Danau Buperta.

"Sempat tenggelam selama satu menitan lah kira-kira. Akhirnya bisa keluar terus berenang sampai ke daratan. Ada dua (orang di dalam pesawat)," kata Alex.

Pantauan detikcom, Jumat (28/5/2021) pukul 16.24 WIB, pesawat latih ini belum dievakuasi. Tampak, sebuah bodi pesawat berwarna hitam muncul di permukaan danau. Belum diketahui jenis pesawat latih yang terjatuh ini.

Saat ini, di pinggir danau, sudah dipasangi police line. Polisi pun sudah berada di sekitar lokasi. Belum diketahui kapan pesawat ini dievakuasi.

(sab/mae)