Round-up

5 Poin tentang Gerhana Bulan Total Langka Malam Tadi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 07:34 WIB
Gerhana bulan total, super blood moon, 26 Mei 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)
Gerhana bulan total, super blood moon, 26 Mei 2021. (Andhika Prasetia/detikcom)

3. Gerhana Bulan Total Cuma 14 Menit

Gerhana bulan ini berlangsung secara singkat. Yaitu terjadi selama 14 menit 30 detik.

"Durasi fase total GBT (Gerhana Bulan Total) cukup singkat, yakni 14 menit 30 detik," tulis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) lewat akun Instagram resminya, diakses detikcom pada Rabu (26/5/2021).

Momen 14 menit 30 detik ini hanya terjadi 195 tahun sekali. Kemungkinan besar Anda hanya akan menyaksikannya sekali seumur hidup kecuali panjang umur.

4. Amankah Melihat dengan Mata Telanjang?

Banyak pertanyaan muncul apakah akan melihat fenomena Super Blood Moon atau gerhana bulan total dengan mata telanjang tanpa menggunakan alat khusus. BMKG pun menyatakan hal ini aman dilakukan.

"Gerhana bulan total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kacamata khusus gerhana," demikian pernyataan BMKG dalam situs resminya, Jumat (21/5/2021).

5. Pengaruhi Ketinggian Pasang Surut Laut

Fenomena Super Blood Moon atau gerhana bulan total mempengaruhi ketinggian pasang surut air laut karena posisi bulan, bumi, dan matahari yang sejajar akan mengakibatkan gaya tarik terhadap air laut lebih tinggi sehingga terjadi pasang air laut lebih tinggi. BMKG memperingatkan warga pesisir untuk mewaspadai terjadinya banjir rob.

"Imbauan untuk masyarakat pesisir, terutama pada 25 hingga 26 Mei, yang daerahnya menjadi langganan air pasang, mohon untuk lebih berhati-hati karena mungkin jalanan bisa tergenang oleh air pasang yang selain licin, sifat air laut yang korosif dapat berbahaya bagi kendaraan," kata prakirawan BMKG Kelas II Maritim Tanjung Perak Surabaya, Prasetyo Umar Firdianto, kepada detikcom di Surabaya, Senin (24/5/2021).


(dwia/dwia)