Sertijab dengan Ganip Warsito, Doni Monardo Cerita Tantangan Bertugas di BNPB

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 16:21 WIB

Lebih jauh, Doni Monardo mengatakan bahwa Ganip Warsito bukanlah orang asing bagi BNPB. Selama penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air, Ganip yang saat itu menjadi Asops Panglima TNI banyak berperan membantu BNPB.

"Waktu itu Pak Ganip adalah Asops Panglima TNI. Tanpa bantuan dari Asops Mabes TNI rasanya mungkin kita juga akan kesulitan mendapat APD dan kesulitan mendistribusikan ke seluruh Indonesia. Jadi Pak Ganip tidak asing lagi dengan BNPB karena beliau Asops Panglima TNI telah berkiprah mulai dari awal penanganan COVID," katanya.

Sementara itu, Ganip Warsito, menyampaikan rasa terkejutnya ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Doni Monardo sebagai Kepala BNPB. Sebab, kata dia, menjadi bagian dari BNPB adalah tugas kemanusiaan yang bukan hanya memerlukan kekuatan fisik.

"Tapi hati dan pikiran kita curahkan semua, karena kita membantu saudara kita yang kena bencana," ucapnya.

Dia menceritakan semenjak menjadi prajurit TNI dirinya telah terbiasa dengan persoalan kemanusiaan. Menurutnya, mengemban tugas sebagai Kepala BNPB adalah pertama kalinya dia bertugas keluar dari Mabes TNI.

"Saya perintahkan istri saya lipat baju loreng itu, semua dilipat dengan rapi karena saya akan menggunakan rompi BNPB," katanya.

Ganip menyebut serah terima jabatan dari Doni Monardo kepada dirinya merupakan yang ketiga kalinya selama berkarir di dunia militer hingga saat ini. Dia menilai menggantikan sosok Doni Monardo memang tidak mudah.

"Oleh karenanya tidak ada kata lain saya mohon bantuan, mohon kerja samanya yang selama ini sudah diberikan kepada Pak Doni itu bisa juga diberikan kepada saya. Tidak ada artinya kehadiran saya ini tanpa kerja sama seluruh personel di BNPB maupun di Satgas COVID," pungkasnya.


(fas/hri)